menyusui

Cerita Lula Kamal Pernah Menyusui Anak Kembarnya 8 Jam Nonstop

Annisa Karnesyia Minggu, 01 Sep 2019 11:33 WIB
Cerita Lula Kamal Pernah Menyusui Anak Kembarnya 8 Jam Nonstop
Jakarta - Hampir semua ibu memiliki berbagai cerita dan pengalaman soal menyusui. Salah satunya dokter dan public figure, Lula Kamal.

Lula menceritakan pengalamannya menyusui anak kembarnya, Karim Muhammad Tirta Sasmita dan Halil Muhammad Tirta Sasmita yang kini berusia 9 tahun. Lula mengaku pernah menyusui sampai 8 jam nonstop, Bun.

"Aku nyusuin keduanya bergantian sampai 8 jam nonstop. Setiap anakku nangis aku kasih terus, nangis lagi, kasih lagi," kata Lula dikutip dari detikcom.


Lula sudah menyiasati cara menyusui kedua buah hatinya. Setiap anak sudah memiliki 'bagian' masing-masing.

"Sudah ku bagi, yang kanan untuk Halil, yang kiri untuk Karim. Aku selalu kasih ganti-gantian. Ada yang ASI-nya encer untuk haus, dan yang kental untuk lapar," ujarnya.

Meski punya pengalaman unik, Lula merasa bahagia bisa menyusui kedua buah hatinya. Dia juga bersyukur keluarga selalu mendukungnya memberikan ASI eksklusif.

Lula Kamal bersama anaknyaLula Kamal bersama anaknya/ Foto: Instagram Lula Kamal

Bicara soal menyusui anak kembar, cara yang dilakukan Lula bisa dicontoh, Bun. Menurut dr.Jolinda Johary, menyusui anak kembar bisa dilakukan bersamaan.

Percaya atau tidak, dengan menyusui bersamaan, waktu istirahat Bunda bisa bertambah. Dua payudara Bunda bisa digunakan untuk menyusui si kembar, satu anak di satu payudara, anak lainnya di payudara satu lagi.

"Meski membutuhkan kesabaran dan koordinasi yang lebih, cara ini bisa menghemat waktu. Bila menyusui satu per satu bisa menghabiskan waktu 1 jam, menyusui secara bersamaan hanya menghabiskan 45 menit," ujar Jolinda.

Namun, lagi-lagi semuanya kembali menyesuaikan kebutuhan si kembar, Bun. Mengutip Baby Center, kedua anak tentu memiliki kebutuhan dan keinginan berbeda.

Bisa saja yang satu menyusu setiap dua jam sekali, dan anak yang lain menyusui setiap tiga jam sekali. Jadi, penting untuk menyesuaikan frekuensi menyusui dengan kebutuhan anak.

Soal anak kembar, simak juga fakta dan mitosnya di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi