menyusui

Risiko Mengonsumsi Sushi untuk Ibu Menyusui

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 03 Sep 2019 19:13 WIB
Risiko Mengonsumsi Sushi untuk Ibu Menyusui
Jakarta - Sushi dikenal sebagai makanan yang lezat dan bergizi. Tapi sayangnya banyak yang menyarankan ibu hamil dan ibu menyusui tidak mengonsumsi sushi nih, Bun.

Ibu hamil yang mengonsumsi ikan mentah dikhawatirkan terkena bakteri dan parasit yang berisiko pada bayi. Tapi kalau sudah enggak tertahankan, atau ngidam gimana ya? Saat sedang hamil, memang sebaiknya menahan keinginan untuk makan sushi.

Sedangkan bagi ibu menyusui, sah-sah saja kok makan sushi asalkan mengonsumsinya dari restoran terkemuka, yang menggunakan ikan berkualitas tinggi dari sumber yang dapat diandalkan, seperti dikutip dari laman Medical News Today.


Jika sumber ikan tidak jelas, sebaiknya memang lebih baik menghindari makan sushi, Bun. Sebab, ikan mentah bisa berisiko mengandung bakteri dan parasit yang berisiko pada bayi.

Risiko Mengonsumsi Sushi untuk Ibu MenyusuiRisiko ibu menyusui makan sushi/Foto: iStock

Sebagai ibu menyusui, Bunda memang sangat disarankan untuk menghindari makan ikan apa pun yang mengandung merkuri tinggi. Terlepas dari apakah ikan itu dimasak atau dimakan mentah. Beberapa merkuri mungkin dapat membahayakan bayi melalui ASI, Bun.

Meskipun jumlah merkuri yang melewati ASI akan sangat kecil, tetapi bayi sangat rentan terhadap racun. Merkuri dapat memengaruhi otak dan sistem saraf bayi yang sedang bertumbuh.

Melansir Parents, Paula Meier, Ph.D dari Rush University Medical Center di Chicago menuturkan bahwa para ibu menyusui memang sebaiknya menunggu dengan sabar untuk kembali mengonsumsi sushi.

"Jika ingin makan sushi sebaiknya Bunda meyakini bahwa sushi tersebut tidak mengandung ikan merkuri tinggi dan dianggap aman untuk ibu menyusui,"katanya.

Namun, jika ibu menyusui memilih makan dari salah satu opsi sushi rendah merkuri saat menyusui, perlu diingat bahwa sebaiknya Bunda membatasi porsi yang dimakan. Ingat ya, jangan makan sushi lebih dari dua hingga tiga porsi dari ikan rendah merkuri yang dapat dimakan dalam seminggu.

Semoga membantu, Bun.

Simak juga resep membuat sushi sambal roa yang kekinian!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi