menyusui

Meghan Markle Sampai Ubah Jadwal Kegiatan Demi Menyusui Archie

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 05 Oct 2019 07:23 WIB
Meghan Markle Sampai Ubah Jadwal Kegiatan Demi Menyusui Archie
Jakarta - Meghan Markle memulai tur perdana setelah cuti melahirkannya usai. Istri Pangeran Harry itu, mengajak serta sang anak, Archie dalam tur ke Afrika.

Selama perjalanan, wanita bergelar Duchess of Sussex itu memprioritaskan jadwal menyusui Archie. Sehingga menjadi patokan untuk menyusun jadwalnya selama di Afrika Selatan.

Melansir US Weekly, Meghan mengatakan kepada wartawan di Johannesburg, Afrika Selatan, jika tur luar negerinya secara khusus dijadwalkan dengan mengikuti jadwalnya memberi makan Archie. Itu artinya, jadwal kegiatan Bunda berusia 38 tahun itu disesuaikan dengan menyusui bayinya.


"Kami baik-baik saja. Saya lihat jadwalnya, dan mereka sangat baik kepada saya karena semuanya diatur disesuaikan berdasarkan waktu makan Archie," ungkap Meghan.

Meghan dan Harry memulai tur Afrika mereka sejak 23 September lalu. Pangeran Harry dijadwalkan selama 10 hari untuk mengunjungi Botswana, Angola, dan Malawi. Tapi Meghan tetap tinggal di Afrika Selatan, untuk menghindari Archie kelelahan dalam perjalanan tersebut.

Wah, Kegiatan Meghan Markle Menyesuaikan Jadwal Menyusui ArchieMeghan Markle dan Archie/ Foto: Toby Melville - Pool/Getty Images

Harry dan Meghan akan berpisah selama seminggu, dan kembali bertemu di kota dekat Johannesburg. Rencana itu disambut dengan sangat antusias oleh Meghan.

"Ini pertama kalinya saya berada di (Afrika Selatan)... dan Harry melanjutkan di beberapa (negara) lain. Kami bersatu kembali lagi hari ini, yang membuatku tak sabar menunggu. Saya merindukannya! Tapi saya pikir ini adalah perjalanan yang sangat istimewa bagi kami," lanjut Meghan.

Sama seperti Meghan, Harry juga tak kalah antusias mempersiapkan tur perdana Archie ke luar negeri sebagai keluarga. Mereka telah menunggu kesempatan itu sejak lama, bahkan setelah kelahiran Archie di bulan Mei lalu.

Keputusan Meghan untuk memprioritaskan waktu menyusui tentu patut diapresiasi ya, Bunda. Seperti yang kita tahu kalau bayi di bawah 6 bulan, baru menerima asupan makanan dari ASI ibunya.

Untuk memperlancar ASI dalam perjalanan jauh seperti yang dilakukan meghan Markle, dibutuhkan berbagai persiapan. Salah satunya menjaga pikiran tetap relaks agar pasokan ASI tak berkurang.

Selain itu, menjaga tubuh tak kelelahan juga harus diperhatikan. Saat tubuh sudah terasa letih, cobalah untuk melakukan pijat oksitosin. Tak hanya merangsang hormon bahagia yang melepaskan stres, tubuh pun dijamin akan lebih santai.

"Kehadiran oksitosin dapat memberi stimulasi saat persalinan, juga pada puting saat proses menyusui. Sekaligus berperan pada produksi susu dan hubungan dengan sayang bayi," demikian penjelasan dari program Dr.Oz Indonesia.

Lalu bagaimana cara mempraktikkannya? Berikut dua cara yang bisa Bunda coba di rumah.

- Posisikan tubuh pada posisi duduk, bersandar ke depan, sambil memeluk bantal.

- Tempatkan diri senyaman mungkin dan letakkan meja di depan Bunda untuk tempat bersandar.

- Perkataan yang Sebaiknya Tidak Diucapkan pada Ibu Menyusui


- Pijat kedua sisi punggung dengan kepalan tangan dengan ibu jari menunjuk ke depan. Pijat kuat dengan gerakan melingkar.

- Kemudian, pijat sisi tulang belakang ke arah bawah sampai sebatas dada, dari leher sampai ke tulang belikat.

- Lakukan selama 2 - 3 menit.

Bunda, beritahu suami nih peran mereka yang bisa membantu ibu menyusui!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi