menyusui

Bahaya Menyusui Bayi Sambil Berbaring, Bunda Perlu Tahu!

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 11 Oct 2019 15:43 WIB
Bahaya Menyusui Bayi Sambil Berbaring, Bunda Perlu Tahu!
Jakarta - Posisi berbaring memang paling nyaman ketika menyusui ya, Bun. Tetapi nih, Bunda juga perlu mengingat berbagai risiko yang bisa terjadi jika menyusui sambil tiduran.

Melansir Romper, ketika bayi menyusu sambil berbaring miring dikhawatirkan dapat menyebabkan infeksi telinga, seperti dicatat Journal of Pediatric and Child Health. Alasan ini dikarenakan mekanisme mengisap dikombinasikan dengan postur anak serta isi cairan spesifik di botol, dapat mengiritasi jaringan lunak telinga dan membuatnya lebih rentan terhadap infeksi telinga.

Sementara pada bayi yang minum ASI, memang tidak separah PADA bayi minum susu formula sambil tiduran. Bayi yang disusui secara keseluruhan memiliki alergi lebih sedikit dan kurang rentan terhadap infeksi saluran pernapasan atas pada umumnya.


Beruntung, pada penelitian lainnya membuktikan bahwa menyusui sambil berbaring dengan posisi si kecil di sebelah Bunda bukan merupakan faktor yang dikhawatirkan. Salah satu penelitian Unientro di Brasil menemukan bahwa praktik ibu selama menyusui dan posisi bayi tidak terkait dengan infeksi saluran udara bagian atas san otitis media.

"Dari sudut pandang menjaga telinga tetap sehat dan menghindari otitis media serta infeksi lain, menyusui adalah yang terbaik untuk bayi. Ini merupakan beban sangat besar di pundak para ibu terutama dalam menemukan pelekatan yang tepat dalam posisi yang tepat termasuk ketika berbaring," ujar Dr Craig Brown dari The Doctor Will See You Know.

Bahaya Menyusui Bayi Sambil Berbaring, Bunda Perlu Tahu!Bahaya menyusui sambil berbaring/ Foto: iStock

Agar lebih aman saat menyusui dalam posisi berbaring, sebaiknya Bunda melakukan langkah-langkah yang tepat berikut ini, seperti dikutip dari laman Breastfeedingasn:

1. Letakkan bayi dengan posisi punggungnya di tengah-tengah tempat tidur besar.
2. Biarkan bayi berbaring di samping Bunda dengan memberikan bantal di sebelahnya tetapi pastikan bantal tersebut tidak berada di dekat kepala bayi Bunda. Bunda juga dapat meletakkan bantal di antara kaki dan punggung untuk membantu kenyamanan, Bun.
3. Biarkan bayi dalam posisi hidungnya sejajar dengan puting Bunda dan lengan Bunda di atas kepalanya.
4. Gulingkan buah hati ke samping Bunda dan tarik pinggulnya mendekat ke pinggul Bunda. Biarkan hidungnya mendekat dengan lembut ke puting Bunda.
5. Pastikan tulang belakang Bunda dan tulang belakang bayi membentuk huruf V dan pastikan kepalanya tidak terjepit di payudara.

Semoga membantu, Bun!

Cara membersihkan lidah bayi yang aman, bisa Bunda lihat dalam tayangan di bawah ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi