menyusui

Mitos Menyesatkan Ibu Menyusui Dilarang Mengonsumsi Makanan Panas

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 09 Oct 2019 17:01 WIB
Mitos Menyesatkan Ibu Menyusui Dilarang Mengonsumsi Makanan Panas
Jakarta - Ibu menyusui kerap bingung menghadapi mitos dan fakta seputar ASI. Apalagi jika orang tua dan keluarga ikut memberikan saran seputar kebiasaan menyusui.

Hasilnya, berbagai mitos yang salah kaprah pun jadi dipercaya oleh ibu menyusui. Bukannya baik untuk bayi, eh bisa malah menyesatkan ya, Bunda.

Salah satu mitos yang berkembang dan dipercaya adalah larangan makan panas untuk ibu menyusui. Banyak yang berasumsi kalau mengonsumsi makanan panas akan berdampak pada kesehatan bayi.


Mereka bilang, kalau ibu menyusui makan panas akan menyebabkan ASI jadi ikut panas. Kalau sudah begitu, nanti bisa si kecil gumoh atau muntah. Padahal hal itu enggak ada hubungannya lho, Bunda. Gumoh dan muntah adalah hal yang wajar dialami bayi, karena fungsi cincin otot yang berfungsi seperti katup pada kerongkongan bagian bawah bayi belum sempurna.

Terkait hal tersebut, LoriFeldman Winter, MD, MPH, Ketua Divisi Menyusui dari American Academy of Pediatrics mengatakan, sebenarnya ibu menyusui bisa mengonsumsi makanan yang sama saat ia hamil dan sebelum kehamilan.

Mitos Menyesatkan Ibu Menyusui Dilarang Mengonsumsi Makanan PanasMitos menyusui/ Foto: iStock

"Secara umum, ibu menyusui tidak perlu membatasi atau menghindari makanan tertentu saat menyusui. Ibu harus didorong makan makanan yang sehat dan beragam. Beberapa bayi mungkin memiliki reaksi spesifik terhadap item atau bahan tertentu. Tetapi sebagian besar tidak ada makanan yang berdampak negatif pada semua bayi," katanya seperti dikutip dari laman Welland Good.

Melansir Tansybriggs, ibu memang sebaik nya mengonsumsi makanan hangat dan bergizi saat menyusui. Terutama untuk tiga bulan pertama setelah melahirkan. Hal ini akan membantu tubuh menyembuhkan diri pasca persalinan. Serta membantu bayi baru lahir memiliki pencernaan yang sehat, mengurangi kemungkinan kolik, serta gangguan pencernaan lainnya.

Selain itu, ibu menyusui juga disarankan menjaga pencernaannya tetap hangat. Hal ini bisa dimulai dengan mengonsumsi sarapan yang hangat dan menyertakan protein penghangat pada menu sarapan. Kemudian cobalah minuman hangat atau suhu ruangan serta mengonsumsi banyak sup dan menghindari juga mengonsumsi sayuran mentah.

Nah, Bun, demi kesehatan buah hati memang sebaiknya memerhatikan aturan seperti dipaparkan di atas ya. Menunggu makanan sedikit hangat hingga suhu ruangan tentu akan lebih memudahkan ibu menyusui untuk mengonsumsinya dengan nyaman. Dan terpenting, selalu penuhi gizi harian dengan makanan yang seimbang ya, Bun. Semoga membantu!

Begini, Bun, contoh menyendawakan bayi yang tepat!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi