parenting

Banyak yang Salah, Simak Cara Tepat Bersihkan Botol Susu Bayi

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 22 Oct 2019 20:30 WIB
Banyak yang Salah, Simak Cara Tepat Bersihkan Botol Susu Bayi
Jakarta - Membersihkan botol susu bayi tidak boleh asal lho, Bun. Salah-salah malah menjadi sumber bakteri yang membahayakan kesehatan buah hati.

Menurut Ari Brown, seorang dokter anak dan penulis buku Baby 411: Clear Answers & Smart Advice for Your Baby's First Year mengatakan, membersihkan botol terutama ketika berpergian sebaiknya memang membawa tas pendingin yang lengkap.

"Sebaiknya membersihkan botol di bawah air keran yang hangat atau rendam ke dalam mangkuk berisi ari panas,"ujarnya dikutip dari laman WebMD.


Dalam membersihkan botol tersebut, Bunda juga dapat memilih untuk menggunakan air ledeng atau menggunakan air kemasan. Jika sumber air mengalir memang dirasa kurang bersih, Bunda pun dapat memilih air kemasan untuk membersihkan botol dan merebusnya.

Melansir Pregnancy Birth Baby, untuk mensterilkan botol susu bayi memang harus tepat setiap kali selesai digunakan. Bunda harus dengan detail membersihkan botol, tutup botol, dan dot serta peralatan lain yang digunakan untuk membuat susu bayi usai digunakan.

Banyak yang Salah, Simak Cara Tepat Bersihkan Botol Susu BayiCara membersihkan botol susu/ Foto: iStock

Sesegera mungkin setelah bayi menyusu, cucilah botol, dot, dan tutup dengan air sabun panas. Gunakan sikat botol dan pastikan untuk membersihkan bekas susu yang mengering dan tersangkut di dalam botol atau dot. Setelah bersih, bilas peralatan dengan air segar dan biarkan mengering.

Pembersihan semacam ini memang sangat penting, Bun. Tidak saja untuk menghilangkan semua sisa susu formula yang tertinggal di dalam botol, tetapi juga untuk memastikan bahwa peralatan buah hati benar-benar terbebas dari kuman.

Setelah proses pembersihan selesai, Bunda dapat melanjutkan proses sterilisasi botol untuk membunuh kuman berbahaya yang menempel pada permukaan botol, dan peralatan lainnya.

Penting sekali untuk mensterilkan botol susu bayi sebelum digunakan setidaknya selama 12 bulan pertama kehidupan mereka. Ini pun berlaku apakah Bunda menyusui dengan susu formula atau dengan ASI.

Cara yang dapat dilakukan yakni dengan menggunakan air mendidih. Bunda dapat merebus botol susu dan peralatan lainnya dengan merebusnya. Merebus diketahui bekerja dengan menaikkan suhu cukup tinggi untuk membunuh bakteri yang tersisa setelah dicuci.

Ingat ya, Bun, kesehatan buah hati tetap utama. Jadi, tak ada kata kompromi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan peralatan makan dan minum mereka. Semoga membantu ya, Bun!

Bunda, sudah tahu kisah yang menguras air mata dari Pria asal Pekalongan yang menikahi kekasihnya dengan segala kekurangnnya? Bisa Bunda baca di sini!

Simak tayangan berikut untuk mencari tahu cara menyeterilkan botol susu!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi