menyusui

Sempat Alami PCOS, Fitri Tropica Berhasil Menyusui di Hari Pertama

Siti Hafadzoh Kamis, 14 Nov 2019 08:51 WIB
Sempat Alami PCOS, Fitri Tropica Berhasil Menyusui di Hari Pertama
Jakarta - Setelah 5 tahun menikah dan menanti kehadiran buah hati, akhirnya Fitri Tropica melahirkan putri pertamanya pada Senin (11/11/2019).

Bunda yang bisa disapa Fitrop itu memberi nama anaknya Sada Amina Hanara. Sebelumnya, Fitrop sulit hamil karena mengalami Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS).

Banyak orang yang bilang bahwa wanita dengan PCOS akan menghadapi kesulitan menyusui. menanggapi itu, Tya Ariestya mengatakan dengan tegas kalau hal tersebut hanya mitos. Tya juga mengidap PCOS dan sekarang ia sudah punya dua orang anak. Dia memotivasi Fitrop untuk tetap berpikiran positif.


"Tya memotivasi aku. Karena banyak teman-teman yang bilang kalau PCOS itu akan sulit menyusui. Flat nipple bakal sulit menyusui. Alhamdulillah bisa," kata Fitri di YouTube ITIKK Family.

Bagi Fitri, menyusui lebih menegangkan dibandingkan melahirkan. Ia banyak bertanya kepada teman-teman dan menambah pengetahuan tentang menyusui bahkan sejak hamil 7 bulan.

"Karena kan dari sebelum melahirkan itu dari jauh-jauh hari, aku tuh sudah banyak tanya-tanya teman. Banyak yang kayak ingetin, jangan fokus sama lahirannya doang. Karena ternyata setelah lahiran itu lebih challenging lagi," kata Fitri dikutip dari InsertLive.

Sempat Alami PCOS, Fitri Tropica Berhasil Menyusui di Hari PertamaFitri Tropica ketika hamil/ Foto: Dok. Instagram @fitrop

Di hari pertama setelah melahirkan, Fitri langsung bisa menyusui lho, Bun. Fitri dan Tya Ariestya adalah dua di antara sekian beberapa wanita dengan PCOS yang bisa menyusui dengan lancar.

Beberapa penelitian menunjukkan jika PCOS memang memengaruhi jumlah ASI, Bun. Dikutip dari Australian Breastfeeding Association, kemungkinan hubungan antara PCOS dengan rendahnya jumlah ASI awalnya ditunjukkan dalam penelitian pada tahun 2000, ibu dengan PCOS juga punya jumlah ASI yang rendah. Diperkirakan PCOS bisa mengganggu hormon yang dibutuhkan payudara untuk mengembangkan jaringan produksi ASI.

Penelitian lain di tahun 2008 menyimpulkan bahwa ibu dengan PCOS punya tingkat menyusui lebih rendah pada periode awal setelah melahirkan jika dibandingkan dengan ibu yang tidak mengalami PCOS. Pada bulan ketiga, tingkat menyusui ibu dengan PCOS dan tanpa PCOS cenderung sama.

Wanita dengan PCOS tetap bisa menyusui kok. Kalau ada masalah dengan pasokan ASI, Bunda bisa membicarakan ini dengan konselor laktasi. Konselor Laktasi akan memberikan saran supaya ASI lancar.

Jadi, jangan menyerah ya, Bun. Tetap semangat dan berusaha ya.

Simak kisah drama yang dialami Eriska Rein ketika menyusui di video ini yuk, Bun.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi