menyusui

Ibu Menyusui Batuk Pilek, Bayi Bakal Ketularan?

Radian Nyi Sukmasari Senin, 02 Dec 2019 10:41 WIB
Ibu Menyusui Batuk Pilek, Bayi Bakal Ketularan? Ibu Menyusui Batuk Pilek, Bayi Bakal Ketularan?/ Foto: iStock
Jakarta - Sakit ketika menyusui bisa bikin ibu galau. Misalnya Bunda sedang batuk pilek kadang ragu bila terus menyusui si kecil. Khawatir dia akan ketularan batuk pilek.

Menanggapi hal ini, Riyanti Amd.Keb., mengatakan, demam, batuk, pilek, muntah, dan diare adalah penyakit yang sering dialami ibu menyusui. Tapi, bukan berarti ibu harus berhenti menyusui saat mengalami kondisi itu.

"Saat sedang sakit, secara umum tubuh ibu membuat antibodi untuk melawan infeksi maupun penyakit," kata Riyanti dalam bukunya Mitos-mitos dan Fakta-fakta Seputar ASI.


Dengan ibu tetap menyusui, kata Riyanti keuntungannya adalah ibu juga memberi antibodi pada bayi melalui ASI. Sehingga, imunitas bayi meningkat.

Biasanya, permasalahan sakit pada ibu menyusui enggak cuma penyakitnya tapi juga obat yang dikonsumsi saat sakit. Terutama jika ibu menyusui punya penyakit kronis seperti HIV atau hepatitis, perlu konsul dulu ke dokter ya.

Ibu Menyusui Batuk Pilek, Bayi Bakal Ketularan?Ibu Menyusui Batuk Pilek, Bayi Bakal Ketularan?/ Foto: Istock
Riyanti menuturkan, bila ibu menyusui demam, obat penurun panas seperti paracetamol dan ibuprofen relatif aman dikonsumsi. Tapi, kalau demam muncul beberapa minggu setelah melahirkan, baiknya cek ke dokter, Bun.

"Sebab, demamnya bisa jadi indikasi infeksi atau komplikasi persalinan, begitu juga kalau demam enggak hilang dalam tiga hari," papar Riyanti.

Kalau ibu menyusui muntah dan diare, penting banget menjaga asupan cairan supaya enggak dehidrasi. Sebab, dehidrasi berpengaruh pada produksi ASI. Jika muntah dan diare enggak kunjung berhenti, konsultasi ke dokter ya, Bun.

Gimana kalau batuk? Bunda masih bisa menyusui kok. Hanya saja, pastikan Bunda enggak batuk di dekat bayi, apalagi kalau dia sedang menyusu. Bila perlu, diskusikan dengan dokter obat apa aja yang aman dikonsumsi ibu menyusui.

Kisah perjuangan Eriska Rein menyusui si kecil bisa dilihat di video ini, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]


Simak kisah unik k-pop dengan klik banner di bawah ini.

Ibu Batuk Pilek Menyusui, Bayi Bakal Ketularan?Foto: Istimewa
(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi