sign up SIGN UP search


menyusui

7 Tips Menyusui Saat Liburan, ASI Lancar Bayi Senang

Asri Ediyati Rabu, 18 Dec 2019 12:20 WIB
Simak tujuh tips menyusui saat liburan, ASI lancar dan bayi pun senang. caption
Jakarta - Menyusui selama liburan bisa menjadi hal sulit untuk ibu baru. Kita semua mungkin pernah mendengar tentang 'menyapih liburan' yang berarti secara tidak sengaja menyusui lebih jarang karena bepergian. Jadwal liburan yang sibuk, atau dikelilingi oleh kelompok keluarga dan teman.

"Dan dengan melakukan itu, ibu-ibu sering secara tidak sengaja mengurangi suplai ASI mereka, dan mungkin bahkan tidak menyusui sama sekali," tulis San Diego County Breastfeeding Coalition.


Nah, saat Bunda wajib menyusui lebih baik hindari pikiran takut ribet atau segala hal yang bikin waktu menyusui tak sesering biasanya. Berikut ini tujuh tips menyusui saat liburan, dikutip dari Institute for The Advancement Breastfeeding and Lactation Education (IABLE).


1. Bunda butuh istirahat

Bunda harus menyadari bahwa tidak bisa melakukan semuanya. Memiliki bayi baru dan menyusui adalah alasan baik untuk membatasi aktivitas.

2. Kiat saat perjalanan

Yang terbaik adalah menghindari perjalanan dengan mata merah. Terkadang Bunda tidak selalu tidur nyenyak selama waktu perjalanan. Alhasil mengalami kelelahan di siang hari sehingga kemungkinan terjadi mastitis, pasokan ASI lebih rendah.

Rencanakan waktu ekstra untuk bepergian agar Bunda beristirahat untuk menyusui, tidur, dan mendapat nutrisi yang tepat.

3. Bunda perlu tetap menyusui dengan rutin

Bisa dibilang, menyusui adalah episode singkat dalam kehidupan Bunda. Berfokus pada bayi dan menyusui membantu melindungi persediaan cadangan ASI dan menjaga si kecil tetap sehat. Terutama selama masa paparan kuman ekstra dari kerabat dan teman saat berlibur.
Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

4. Konsumsi makanan sehat dan banyak minum

Stres liburan dan berbagi suguhan liburan dapat menyebabkan Bunda mengemil yang tidak sehat alias kalori kosong. Tubuh Bunda akan merasakan yang terbaik jika makan seimbang setiap hari.

5. Waspadai herbal yang mengurangi pasokan ASI

Banyak makanan liburan dibumbui dengan rempah, minyak peppermint, dan peterseli. Makanan tersebut dapat mengurangi pasokan ASI jika dikonsumsi berlebihan.


6. Perhatikan kondisi kesehatan Bunda

Ketika sedang tidak enak badan, bisa saja pasokan ASI berkurang. Bila memungkinkan, istirahat dan tidur siang saat anak sedang tidur siang. Bila perlu Bunda rajin pompa demi persediaan ASI.

Bunda juga perlu menyadari beberapa obat-obatan bebas yang diminum selama musim dingin dan flu dapat mempengaruhi persediaan ASI. Penting untuk menghindari dekongestan seperti pseudoefedrin dan fenilefrin jika memungkinkan. Penggunaan diphenhydramine (Benadryl) yang berlebihan juga dapat mengurangi persediaan ASI.

7. Bersiap dengan segala kemungkinan termasuk mastitis

Ketika bayi dan balita sakit saat liburan, mereka mungkin lebih jarang menyusu. Hal tersebut juga bisa menyebabkan pembengkakan pada payudara Bunda, sumbat, mastitis, dan penurunan persediaan ASI.

Simak juga menu sarapan untuk Bunda agar ASI lancar:

[Gambas:Video Haibunda]

(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi