menyusui

Cegah Anemia, 7 Sayuran Ini Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui

Yuni Ayu Amida Minggu, 15 Dec 2019 09:00 WIB
Cegah Anemia, 7 Sayuran Ini Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui
Jakarta - Tidak hanya ketika hamil, nutrisi ibu juga mesti terpenuhi di masa menyusui. Itu sebabnya ibu menyusui harus mengonsumsi berbagai makanan sehat, salah satunya yang mengandung zat besi.

Dikatakan dr.Charu Dua, Kepala Ahli Nutrisi Klinis zat besi penting untuk ibu menyusui. Zat besi membantu melawan anemia yang bisa menyerang ibu menyusui, dan merupakan sumber utama untuk membuat hemoglobin.


Zat besi juga dapat membantu memulihkan kehilangan darah setelah persalinan. Serta baik untuk perkembangan otak dan sel darah bayi.


"Asupan zat besi yang cukup juga membantu menjaga energi dan mencegah kelelahan pada ibu menyusui," jelas Dua, dilansir Swach Hindia.

Nah, kata Dua, salah satu sumber zat besi yang baik ada di sayuran hijau Bunda. Selain sumber zat besi, sayuran hijau juga mengandung banyak vitamin.

Berikut ini 7 sayuran terbaik untuk dikonsumsi ibu menyusui, dikutip dari Romper.

1. Selada

Selada adalah sayuran rendah kalori dan kaya air yang merupakan tambahan yang bagus untuk diet seimbang bagi ibu menyusui. Selada mengandung kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium, bersama dengan vitamin seperti tiamin, riboflavin, niasin, folat, vitamin A, B6, C, E, dan K.

Cegah Anemia, 7 Sayuran Ini Baik Dikonsumsi Ibu MenyusuiCegah Anemia, 7 Sayuran Ini Baik Dikonsumsi Ibu Menyusui /Foto: iStock

2. Paprika

Paprika juga kaya akan air, yang sangat bagus untuk ibu menyusui. Paprika hijau mengandung 93,9 persen air. Mereka juga rendah kalori dan merupakan sumber vitamin A dan C, kalium, asam folat, dan serat yang sangat baik.

3. Tomat

Sayuran sehat lain untuk ibu menyusui adalah tomat. Ya, secara teknis tomat adalah buah, tetapi menurut Oxford Dictionaries, tomat digunakan sebagai sayuran untuk memasak, jadi tomat masuk dalam kategori sayuran.

Tomat mengandung air 94,5 persen. Dijelaskan dalam ulasan di Medical News Today, tomat merupakan makanan yang padat nutrisi, serta sumber vitamin A, C, dan asam folat.

Tomat mengandung banyak antioksidan, termasuk asam alfa-lipoat, likopen, kolin, asam folat, beta-karoten, dan lutein. Mengonsumsi tomat membuat ibu menyusui merasa lebih bertenaga.

4. Okra

Okra merupakan sumber vitamin A, B, C, dan E yang baik, dan juga thiamin, niasin, dan folat. Dalam okra juga terdapat mineral seperti kalsium, fosfor, kalium, magnesium, zat besi yang akan membuat ibu menyusui tetap sehat saat akan memberi makan bayi.

5. Wortel

Wortel dianggap sebagai galactagogue, atau makanan yang bisa meningkatkan aliran ASI. Just Mommies mencatat bahwa wortel mengandung fitoestrogen, beta-karoten dan Vitamin A, yang dapat memberikan energi ekstra yang dibutuhkan oleh ibu menyusui. Serta dapat meningkatkan pasokan ASI.

6. Bayam

Sayuran galactagogue lain adalah bayam. Bayam mengandung kalsium, zat besi, Vitamin K, A, dan folat yang baik. Hanya saja, kita harus mengonsumsi bayam yang sudah dimasak, karena bayam mentah mengandung asam oksalat, yang dapat mengganggu penyerapan nutrisi penting seperti kalsium dan zat besi.

Sedangkan bayam yang sudah matang memungkinkan kita untuk mendapat vitamin A dan E, protein, serat, seng, thiamin, kalsium, zat besi, beta-karoten, lutein, dan zat baik lainnya.

7. Kale

Kale juga merupakan sayuran berdaun hijau yang baik untuk ibu menyusui. Kale adalah sumber vitamin A, B1, B2, B6, C, dan E. Juga mengandung mangan, tinggi serat, kalsium, kalium, zat besi, magnesium, asam lemak omega-3, fosfor, protein, folat, dan niacin.

Kale bisa dimakan dengan mengolahnya bahkan mencampurkannya dengan smoothie. Semua nutrisi dalam kale sangat baik untuk ibu menyusui.


Simak juga cerita Eriska Rein dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi