menyusui

Benarkah Konsumsi Daun Pepaya Bisa Lancarkan ASI?

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 30 Dec 2019 08:41 WIB
Benarkah Konsumsi Daun Pepaya Bisa Lancarkan ASI?
Jakarta - Demi ASI lancar, ibu menyusui semangat mencari berbagai ASI booster alami. Termasuk mengonsumsi daun pepaya, yang dipercaya membantu kelancaran ASI.

Biarpun rasanya pahit, daun pepaya memang banyak dimanfaatkan ibu menyusui untuk memaksimalkan produksi ASI mereka. Dengan berbagai proses pengolahan, daun pepaya pun dijadikan asupan tambahan agar ASI semakin deras dan kental.


Manfaat dari pepaya sendiri memang sudah terkenal ya, Bun. Sedangkan dalam daun pepaya terkandung antioksidan, vitamin, mineral dan kandungan enzim pencernaan yang tinggi.


Kandungan-kandungan itu pun sangat penting untuk menunjang kesehatan termasuk untuk ibu menyusui. Mengutip dari Health and Fitness Article, disebutkan kalau air rebusan daun pepaya yang pahit dapat bermanfaat dalam memaksimalkan ASI Bunda.

Benarkah Konsumsi Daun Pepaya Bisa Lancarkan ASI?Daun pepaya untuk memperlancar ASI/Foto: istimewa

Tidak saja membuat ASI deras keluar, daun pepaya juga membuat ASI lebih fresh. Jika Bunda tak menyukai dengan air rebusan. Bunda dapat menumbuk daun pepaya dengan memberi air secukupnya lalu memerasnya. Kemudian, tambahkan gula untuk mengurangi rasa pahit yang muncul.

"Daun pepaya memang bermanfaat bagi tubuh termasuk berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit," ujar Dr Nam Dang dari University of Florida, dikutip dari The Health Site.

Daun pepaya dalam olahan jus diketahui tidak saja meningkatkan kekebalan tubuh seseorang, Bun. Kandungannya ternyata mampu melawan kanker, serta menyembuhkan penyakit malaria.

Nah, enggak ragu lagi kan menjadikan daun pepaya sebagai asupan harian Bunda? Semoga membantu, Bun! (rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi