menyusui

5 ASI Booster dari Camilan Enak yang Enggak Bikin Gendut

Siti Hafadzoh Senin, 23 Dec 2019 15:20 WIB
5 ASI Booster dari Camilan Enak yang Enggak Bikin Gendut
Jakarta - Apakah Bunda merasa ASI belum mencukupi? Biasanya, ketika ASI sedikit kebanyakan ibu akan memilih untuk mengonsumsi suplemen ASI Booster.

Namun, konsultan laktasi di Atlanta, Alicia C Simpson mengatakan bahwa suplemen herba dan teh laktasi sama seperti obat. Ini mungkin saja alami, tapi bukan berarti bebas efek samping ya.


"Kalau bingung perihal menyusui termasuk produksi ASI yang dirasa kurang banyak, harus mengonsumsi ASI booster atau tidak, ada baiknya bertemu dengan konselor laktasi. Karena, konselor laktasi bisa membantu menilai apakah ASI bunda benar-benar rendah produksinya, meski umumnya wanita memproduksi ASI yang cukup. Kalau memang produksinya rendah, konselor bisa mencarikan solusi," kata Simpson dikutip dari Mom Junction.


Selain konsumsi suplemen untuk ASI booster, Bunda juga bisa makan camilan untuk meningkatkan produksi ASI. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut camilan untuk ASI booster yang bisa Bunda coba. Tenang, Bunda, makanan di bawah ini enggak bikin gendut kok.

1. Tuna dan apel

Kalau biasanya tuna kaleng disajikan bersama roti atau nasi, Bunda bisa mencoba inovasi baru nih. Coba kombinasikan ikan tuna kaleng dengan apel.

Campur tuna kaleng dengan potongan apel. Buah apel yang digunakan sebaiknya jenis apel fuji ya. Rasanya akan unik lho.

2. Smoothie stroberi oatmeal

Bunda sedang bosan mengunyah tapi tetap ingin mendapat nutrisi untuk ASI? Smoothie bisa jadi solusinya. Bunda bisa coba resep smoothie stroberi dan oatmeal berikut ini.

Bahan:

- 1 cup susu skim, sapi, atau almond
- 1 cup oatmeal
- 1 buah pisang
- 1/2 cup stroberi beku
- 1/2 sendok teh vanilla extract
- 2 sendok teh pemanis (gula atau madu)

Cara membuat:

- Masukkan susu, oat, pisang, dan stroberi ke dalam blender.

- Tambahkan vanilla dan gula. Blender hingga halus.

- Tuangkan ke dalam gelas. Smoothie siap untuk disajikan!

5 ASI Booster dari Camilan Enak yang Enggak Bikin GendutSmoothie stroberi/ Foto: iStock

3. Yogurt Yunani (Greek Yogurt) dan granola

Yogurt Yunani memiliki banyak manfaat. Makanan ini tinggi protein dan rendah kalori. Selain itu, yogurt juga mengandung probiotik alami yang dapat membantu pencernaan

Supaya makan yogurt lebih enak, Bunda bisa tambahkan segenggam granola. Granola dijual di pasaran dengan berbagai rasa, seperti vanilla dan cokelat. Tambahkan juga dengan buah beri segar.

4. Apel ditambah selai kacang

Selain dicampur dengan ikan tuna seperti menu pertama tadi, apel juga bisa dikombinasikan dengan selai kacang lho. Ini akan menambah nutrisi untuk camilan Bunda.

Caranya, cuci dan iris apel. Kemudian, tambahkan selai kacang di setiap irisan apel. Selai kacang yang banyak dijual banyaknya mengandung gula. Coba untuk cari selai kacang yang hanya terdiri dari kacang tanah dan garam.


5. Pepaya

Kalau Bunda mau camilan ASI booster yang praktis, Bunda bisa makan buah pepaya. Buah ini bisa dimakan langsung atau dimasak. Bunda bisa campurkan pepaya mentah ke dalam masakan.

Pepaya yang masih hijau atau mentah dapat meningkatkan produksi hormon oksitosin. Sehingga, produksi ASI akan meningkat. Pepaya juga mengandung vitamin esensial seperti vitamin A, B, C, dan E.

Simak cerita Eriska Rein yang mengalami drama ketika menyusui berikut ini, Bun:

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi