sign up SIGN UP search


menyusui

Meski Pahit, Jus Daun Pepaya Ternyata Bisa Jadi ASI Booster Lho

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 19 Jul 2020 12:35 WIB
Healthy lifestyle. Woman drinking smoothie, sitting in kitchen, having lunch caption
Jakarta -

Di balik rasa pahitnya, daun pepaya menyimpan banyak manfaat lho, Bunda. Bahkan, banyak ibu menyusui yang mempercayai kalau daun pepaya bisa meningkatkan produksi ASI.

Bagi ibu menyusui, kekhawatiran akan produksi ASI yang cukup untuk bayinya memang menjadi tantangan tersendiri. Banyak ibu menyusui yang mengalami hambatan dalam produksi ASI-nya sehingga mereka berlomba-lomba mencari booster ASI alami yang dapat membantu melancarkannya.

Alicia C. Simpson, seorang konsultan laktasi di Atlanta, Georgia, menyarankan, untuk meningkatkan produksi ASI Bunda harus memilih daftar makanan laktogenik untuk dikonsumsi.


"Salah satu yang populer dan bisa diandalkan yakni galatogogues dimana dapat membantu meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI yang dihasilkan tubuh," ujarnya, dikutip dari laman Todaysparent.

Berbicara mengenai galactagogue, salah satu asupan tersebut ialah daun pepaya. Daun pepaya diketahui merupakan galactagogue alami. Mengonsumsinya dipercaya dapat meningkatkan produksi ASI serta meningkatkan rasanya dan membuatnya lebih bergizi.

manfaat jus daun pepayaManfaat jus daun pepaya lancarkan ASI/ Foto: Thinstock

Kehadiran phytochemical dalam daun pepaya bertanggung jawab atas efek laktogeniknya. Fitokimia ini meliputi sesamin, limonin, trifoliol, quercetinkaemferol. Semua fitokimia ini mengaktifkan reseptor prolaktin yang membantu produksi ASI, seperti dikutip dari laman Womenbuddha.

Selain itu, mengonsumsi daun pepaya juga dapat meningkatkan kandungan vitamin A dari ASI. Ibu menyusui dapat mengonsumsinya dalam bentuk mentah atau mengolahnya menjadi jus daun pepaya untuk meningkatkan produksi ASI. Pastikan juga memilih daun pepaya yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda agar hasil jus lebih maksimal.

Semoga membantu ya, Bunda.

Bunda, simak juga ulasan ragam ASI booster dalam video di bawah ini yuk:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi