menyusui

4 Cara Menaikkan Berat Badan Saat Menyusui

Yuni Ayu Amida Jumat, 10 Jan 2020 14:17 WIB
4 Cara Menaikkan Berat Badan Saat Menyusui
Jakarta - Tidak semua wanita ingin kurus saat menyusui, Bunda. Sebaliknya, ada sebagian wanita yang ingin berat badannya bertambah saat menyusui. Nah, untuk Bunda yang ingin menaikkan berat badan selama masa menyusui, simak tips ini ya.

Menurut dokter laktasi, dr.Asti Praborini, Sp.A, IBCLC., menyusui memang bisa membuat berat badan turun dengan sendirinya. Hal ini karena menyusui adalah aktivitas di mana kalori yang tersimpan dalam tubuh ibu diberikan langsung ke bayi.


"Berat badan ibu yang menyusui memang lebih cepat turun dibandingkan ibu yang tidak menyusui. Hal tersebut adalah karena seluruh zat dalam tubuh ibu, termasuk lemak, ditransfer ke bayi melalui ASI," tutur Asti, dikutip dari detikcom.


Selain itu, proses menyusui juga merupakan tantangan istimewa yang membutuhkan usaha serta tekat yang ekstra. Itu sebabnya, seorang ibu menyusui akan merasa lebih cepat letih. Meski begitu dia juga lebih sehat.

Nah, kalau Bunda malah berencana untuk menaikkan berat badan saat menyusui, bisa ikuti beberapa tips berikut, seperti dilansir Every Day Family.

1. Tingkatkan kalori

4 Cara Menaikkan Berat Badan Saat Menyusui4 Cara Menaikkan Berat Badan Saat Menyusui/ Foto: iStock


Bagi beberapa wanita, penurunan berat badan yang cepat setelah kehamilan, berhubungan langsung dengan mereka yang mengonsumsi terlalu sedikit kalori karena satu dan lain hal. Walaupun ini terdengar umum, ibu menyusui harus ingat bahwa salah satu cara terbaik untuk menambah berat badan adalah dengan menambah asupan kalori.

Untuk beberapa ibu menyusui, ini berarti harus selalu sarapan lebih cepat sebelum keluar rumah agar tidak terlewat. Sementara bagi yang lain harus mengatur waktu untuk tahu kapan ia harus makan di saat sibuk merawat anak. Namun yang paling penting adalah menambahkan kalori dalam asupan sehari-hari, ini akan membantu meningkatkan retensi berat badan atau penambahan berat badan.

2. Tambahkan lemak sehat

Walaupun kita sedang berusaha menaikkan berat badan, bukan artinya kita harus mengonsumsi banyak es krim, kue, atau makanan manis lainnya. Daripada menambahkan junk food ke dalam menu makan, lebih baik berusahalah menambahkan lemak sehat.

Seperti memasak dengan minyak zaitun, menambahkan alpukat dalam salad, atau ngemil kacang almond. Menambahkan lemak sehat ke dalam makanan biasanya merupakan cara untuk mempertahankan berat badan atau menambah berat badan dengan cara sehat.

3. Temui dokter

Bagi beberapa wanita, penurunan berat badan yang cepat setelah melahirkan bisa jadi tanda ada sesuatu terkait kesehatan mereka. Jika Bunda khawatir tentang penurunan berat badan dengan cepat atau sulit mempertahankan berat badan saat menyusui, Bunda harus mengunjungi dokter.

Terkadang, masalah hormon dapat menyebabkan penurunan berat badan. Jadi, dokter mungkin akan memeriksa kadar hormon atau melakukan tes lain untuk membantu mencari tahu apa yang terjadi dalam tubuh Bunda.

4. Temui ahli gizi

Jika masih berjuang untuk menambah atau mempertahankan berat badan dan dokter telah mengesampingkan masalah kesehatan, atau artinya Bunda sehat, menemui ahli gizi bisa jadi solusi. Ahli gizi akan membantu Bunda menentukan kebutuhan kalori yang sebenarnya, serta membantu merencanakan jenis makanan atau camilan yang perlu dimakan untuk menaikkan berat badan.

Nah, selamat mencoba tips di atas ya, Bunda. Semoga mencapai berat badan yang diinginkan.


Simak juga kisah Eriska Rein dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(yun/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi