sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Menaikkan Berat Badan pada Ibu Menyusui, Bunda Perlu Tahu

Nanie Wardhani   |   Haibunda Kamis, 30 Jun 2022 13:36 WIB
Ilustrasi ibu menyusui makan oatmeal caption

Setiap orang memiliki tubuh yang berbeda-beda, salah satu perbedaan ini adalah mengenai bagaimana tubuh seseorang berubah saat hamil dan menyusui.

Satu hal yang pasti, saat hamil tentu tubuh Bunda mengalami kenaikan berat badan. Hal ini normal, justru memang seharusnya demikian. Sebab, kenaikan berat badan adalah salah satu pertanda bahwa janin yang sedang dikandung tumbuh dengan sehat.

Namun setelah melahirkan dan saat menyusui, mungkin banyak Bunda yang masih mengeluhkan tubuhnya yang belum kembali ke berat semula, atau kesulitan untuk menurunkan berat badan. Tapi ternyata tidak semua Bunda mengalami hal ini.


Ada juga Bunda yang justru mengalami hal sebaliknya. Di mana saat Bunda belum hamil memiliki tubuh yang ramping, dan tidak berapa lama setelah melahirkan pun Bunda dengan cepat kehilangan berat badannya, bahkan bisa menjadi lebih kurus daripada badannya sebelum hamil.

Hal ini bisa terjadi karena seluruh kalori yang ada di dalam tubuh Bunda tersebut diserap sempurna ke dalam ASI oleh Si Kecil. Jika ini yang Bunda alami, maka salah satu cara agar Bunda bisa tetap memiliki berat badan yang ideal adalah Bunda harus kembali meningkatkan berat badan.

Menyusui adalah periode yang menuntut asupan nutrisi yang baik dalam kehidupan seorang wanita. Saat Bunda menyusui, tubuh Bunda membutuhkan nutrisi yang cukup untuk mendukung kebutuhan Bunda serta kebutuhan bayi Bunda. Menurut La Leche League, sebuah organisasi internasional yang mendukung wanita menyusui, jumlah kalori yang dibutuhkan seorang wanita tergantung pada seberapa banyak lemak tubuh yang dia miliki dan tingkat aktivitasnya. 

Nah, jika Bunda perlu menambah berat badan saat menyusui, ada beberapa langkah yang dapat Bunda ambil untuk mencapai berat badan yang sehat.

Cara menaikkan berat badan pada ibu menyusui

Ada beberapa hal atau pun langkah-langkah yang bisa Bunda lakukan untuk menaikkan berat badan saat menyusui. Berikut di antaranya, seperti yang sudah kami rangkum dari Hello Motherhood.

1. Tingkatkan asupan kalori harian

Ilustrasi wanita diet atau makanIlustrasi cara menaikkan berat badan pada ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/miya227

Cara pertama adalah dengan meningkatkan asupan kalori Bunda sekitar 500 kalori per hari di atas asupan Bunda saat ini. Ini akan menghasilkan kenaikan berat badan sekitar 500gr per minggu. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan dengan menambahkan makanan berkalori tinggi dan padat nutrisi ke dalam menu makanan sehari-hari Bunda. Hanya dengan menambahkan roti isi selai kacang dan madu saja akan memberi Bunda sekitar 350 kalori.

2. Tambahkan makanan berkalori tinggi dan padat nutrisi

9 Grain BreadIlustrasi cara menaikkan berat badan pada ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/bombuscreative

Tambahkan makanan berkalori tinggi dan padat nutrisi ke dalam menu makanan sehari-hari Bunda. Menurut Ohio State University, makanan padat nutrisi dikemas dengan lebih banyak nutrisi untuk kalori daripada makanan lain. Contoh beberapa makanan berkalori tinggi dan padat nutrisi adalah bagel gandum utuh, roti dan pasta, sayuran bertepung seperti kentang dan ubi jalar, minyak zaitun dan biji anggur, alpukat, kacang-kacangan, selai kacang, buah-buahan kering, dan yogurt.

3. Tambahkan protein dan kalori ekstra

Young female pressing start button of blender during preparation of homemade vegetable smoothie by kitchen tableIlustrasi cara menaikkan berat badan pada ibu menyusui/ Foto: Getty Images/iStockphoto/shironosov

Tambahkan protein dan kalori ekstra saat menyiapkan makanan Bunda. Gunakan susu sebagai pengganti air saat Bunda membuat sereal panas seperti oatmeal. Tambahkan buah kering, biji-bijian dan kacang-kacangan ke sereal panas dan dingin, yoghurt dan keju cottage. Buat smoothie dengan selai kacang dan yoghurt.

4. Camilan di antara waktu makan

Ilustrasi wanita makanIlustrasi cara menaikkan berat badan pada ibu menyusui/ Foto: Getty Images/aywan88

Cobalah untuk makan setiap dua hingga tiga jam. Snack on trail mix, pisang dengan selai kacang, keripik tortilla dengan guacamole, biskuit dengan hummus, yoghurt dicampur dengan kacang atau selai kacang, roti isi mentega almond dengan madu atau roti yang dicelupkan ke dalam minyak zaitun.

Yang terpenting yang bisa Bunda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan tinggi kalori dan padat nutrisi seperti disebutkan di atas. Jangan terjebak dengan makanan tinggi kalori yang juga tinggi gula dan lemak berbahaya ya Bunda. Salah memilih makanan untuk meningkatkan berat badan maka akan dapat berdampak buruk pada tubuh.

Jika makanan yang dikonsumsi adalah yang mengandung tinggi gula, maka selain berat badan yang naik, risiko Bunda mengalami berbagai penyakit juga jadi meningkat. Beberapa penyakit seperti diabetes, obesitas dan penyakit yang berkaitan dengan jantung bisa disebabkan oleh asupan gula yang berlebih dan tidak dikendalikan dengan baik.

Semoga cara menaikkan berat badan pada ibu menyusui di atas dapat bermanfaat bagi Bunda, dan selamat mencoba. 

[Gambas:Video Haibunda]



 

(som/som)
Share yuk, Bun!
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!