sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Lain Menyusui Bisa Bantu Sehatkan Jantung Bunda

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 20 Jan 2020 16:21 WIB
Bunda yang rutin menyusui bisa bantu menjaga kesehatan jantung lho. Jadi menyusui tidak hanya bermanfaat untuk anaknya saja. Simak ulasan selengkapnya yuk! caption
Jakarta - Menyusui memiliki banyak manfaat, baik untuk bayi maupun ibunya. Ibu yang rutin menyusui anaknya, akan memelihara kesehatan organ tubuh seperti jantung.

Melansir Heart, sebuah penelitian menunjukkan wanita yang menyusui lebih rendah risiko terkena kanker payudara dan ovarium. Semakin lama menyusui, baik dengan satu anak atau beberapa anak, maka semakin rendah risikonya.


Selain itu, penelitian juga menemukan bahwa menyusui membantu jantung ibu tetap sehat. Selain itu, menyusui akan membangun ikatan yang kuat antara ibu dan bayi.


Hal tersebut dikaitkan dengan adanya pelepasan hormon oksitosin yang melemaskan pembuluh darah, seperti dikatakan Dr Nieca Goldberg, Direktur Medis dari Joan H. Tisch Center for Women's Health di New York University.

Manfaat Lain Menyusui Bisa Bantu Sehatkan Jantung BundaMenyusui bantu sehatkan jantung/Foto: iStock

"Banyak ibu menyusui yang memiliki gaya hidup sehat secara keseluruhan. Para ibu mungkin akan makan lebih sehat, berolahraga secara teratur dan membuat pilihan yang lebih sehat secara umum, tidak hanya untuk bayi mereka tetapi untuk diri mereka sendiri," kata Goldberg.

Nah, manfaatkan proses menyusui sebaik-baiknya untuk memaksimalkan semua efek positifnya. Mengutip Cardio Health, dalam menjaga kesehatan jantung ibu menyusui dapat mengimbanginya dengan menerapkan gaya hidup sehat sehari-hari.


Mengonsumsi makanan yang menyehatkan jantung dan tetap aktif secara fisik, dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung secara signifikan. Periksa secara rutin indeks massa tubuh, tekanan darah, kolesterol, dan gula darah, dan riwayat keluarga untuk mengatasi faktor risiko apa pun yang dapat menghindarkan Bunda dari penyakit jantung.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak juga penjelasan telapak tangan basah apakah pertanda sakit jantung, dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi