sign up SIGN UP search


menyusui

Alasan ASIP Siang Dilarang Diberikan pada Bayi di Malam Hari

Dwi Indah Nurcahyani Sabtu, 25 Jan 2020 13:15 WIB
Bun, ternyata ASI perah siang hari disarankan tidak diberikan pada bayi ketika mau tidur malam hari. Kandungan di dalamnya ada yang membuat bayi tetap terjaga. caption
Jakarta - Banyak ibu menyusui memberikan ASI perah (ASIP) untuk anak-anaknya. Namun, tahukah Bunda ada batasan waktu ASI tidak boleh diberikan pada si kecil?

ASI yang diperah pada siang hari tidak boleh diberikan pada malam harinya lho, Bun. Hal itu disebabkan karena kualitasnya berbeda, Bun.


Melansir Newscientist, sebagian ibu memberikan ASI yang diperah siang hari untuk menidurkan bayinya di malam hari. Tapi hal itu malah akan membuat si kecil sulit tidur, Bun.


Hal itu berkaitan dengan nukleotida, bahan kimia alami yang dikaitkan dengan kantuk bisa mencapai tingkat tertinggi dalam ASI yang diproduksi malam hari.

Nukleotida merupakan blok pembangun DNA yang juga berpartisipasi dalam proses metabolisme di dalam sel. Beberapa di antaranya juga terlibat dalam tidur.

"Adalah kesalahan bagi ibu untuk mengeluarkan ASI pada waktu tertentu dan kemudian menyimpannya dan memberikan ASI mereka pada bayi di waktu yang berbeda," ujar Cristina S·nchez dari University of Extremadura di Badajoz, Spanyol.

Alasan ASIP Siang Dilarang Diberikan pada Bayi di Malam HariBeda ASI Perah malam dan siang hari/ Foto: iStock

Perlu Bunda tahu bahwa ASI perah berubah secara drastis sepanjang hari. Mengutip Sciencealert, ASI yang diperah pagi hari mengandung kadar kortisol, hormon yang meningkatkan kewaspadaan, tiga kali lebih tinggi dibanding ASI di malam hari.

Melatonin, yang berkaitan dengan keinginan tidur dan pencernaan, hampir tidak dapat terdeteksi pada ASI di siang hari. Tetapi, melatonin meningkat pada malam hari dan memuncak sekitar tengah malam. ASI di malam hari juga mengandung kadar blok pembangun DNA tertentu yang membantu meningkatkan tidur yang sehat serta vitamin E.


Sementara itu, ASI di siang hari diketahui mengemas kekebalan tubuh khusus, Bun, dimana juga memiliki lebih banyak asam amino dan kandungan zat besi. Selain itu, kandungan lainnya seperti magnesium, zinc, kalium, dan natrium semuanya juga berada pada level tertinggi di ASI pagi hari, Bun.

Jadi, manfaatkan ASI dengan sebaik-baiknya sesuai dengan waktunya ya. Semoga membantu, Bunda.

Ada penjelasan dr.Reisa Broto Asmoro juga nih tentang kandungan susu yang bisa membantu perbanyak ASI. Simak video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi