Sign Up search


menyusui

Hentikan Minum Suplemen ASI Booster jika Bunda Alami Ini

Melly Febrida Minggu, 19 Jan 2020 09:19 WIB
Hentikan Minum Suplemen ASI Booster jika Bunda Alami Ini caption
Jakarta - ASI booster tampaknya jadi pilihan para ibu menyusui yang khawatir produksi ASI-nya kurang. Penggunaan suplemen ASI booster dijadikan solusi, namun mungkin akan memberikan efek samping. Bahkan, ada beberapa kondisi yang seharusnya hati-hati meminum ASI booster.

Misalnya saja Fenugreek (Trigonella foenum-graecum L.). Konselor laktasi bersertifikat internasional Kelly Bonyata, IBCLC, mengatakan, fenugreek dianggap aman untuk ibu menyusui jika digunakan dalam jumlah sedang. Fenugreek juga sudah masuk dalam daftar Generally Recognized as Safe (GRAS) Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.


Berbeda lagi kalau Bunda memiliki riwayat seperti di bawah ini, maka berhati-hati ketika mengonsumsi fenugreek:


1. Fenugreek tidak boleh diminum jika sedang hamil karena jelas tidak aman. Ketika hamil dan Bunda masih menyusui, pasokan ASI memang berkurang. Namun bukan berarti Bunda memilih minum ASI booster yang mengandung fenugreek.

Ini merangsang jaringan payudara yang merupakan otot polos namun, rahim juga merupakan otot polos dan Bunda tidak ingin merangsang rahim selama kehamilan. Fenugreek juga digunakan untuk menginduksi persalinan, dan dapat menyebabkan kontraksi, persalinan prematur, dan keguguran.

2. Alergi kacang atau buncis. Fenugreek berada dalam keluarga yang sama dengan kacang dan buncis, dan dapat menyebabkan reaksi alergi pada ibu yang alergi terhadap hal-hal ini.

Ibu menyusuiIbu menyusui/ Foto: iStock

3. Diabetes atau hipoglikemia. Fenugreek bisa menurunkan kadar gula darah, hati-hati dan bicaralah dengan dokter apabila menggunakan obat diabetes, seperti insulin atau obat untuk hipoglikemia.

"Jika Anda pengidap diabetes (IDDM), gunakan fenugreek hanya jika Anda bisa mengontrol dengan baik kadar glukosa darah Anda. Ibu dengan hipoglikemia juga harus menggunakan fenugreek dengan hati-hati," kata Bonyata.

4. Mengencerkan darah. Jangan mengonsumsi ASI booster yang mengandung fenugreek jika Bunda menggunakan pengencer darah (obat antikoagulan), kecuali berada di bawah pengawasan langsung dokter.

5. Mengidap asma. Fenugreek sering disebut sebagai obat alami untuk asma. Namun, inhalasi bubuk dapat menyebabkan gejala asma dan alergi. Beberapa ibu melaporkan mengonsumsi fenugreek memperburuk gejala asma mereka.

Mengenai pasokan ASI, dr.Meta Hanindita, Sp.A, menjelaskan, sebenarnya itu semua ditentukan oleh seberapa sering ibu menyusui atau memerah. Ibu menyusui juga harus selalu berpikiran positif bahwa ASI-nya cukup. Nah, untuk memperbanyak ASI, Meta menyarankan Bunda harus sering melakukan pengosongan payudara dengan memompa atau menyusui.

"Selain itu, minum yang banyak dan positive thinking," tegas Meta, dikutip dari detikcom.


Bunda, simak juga menu sarapan ibu menyusui agar ASI lancar, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(muf/muf)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi