sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui Ingin Cepat Kurus? Simak Tips agar Berat Badan Turun

Siti Hafadzoh Minggu, 26 Jan 2020 12:06 WIB
Menyusui dianggap bisa menurunkan berat badan karena membakar ratusan kalori dalam sehari. Tapi, benarkah demikian? Simak penjelasannya berikut ini yuk, Bun. caption
Jakarta - Menyusui memberikan berbagai dampak positif, baik bagi Bunda maupun si kecil. Salah satu manfaat menyusui yang banyak dibicarakan adalah menurunkan berat badan. Benarkah menyusui dapat menurunkan berat badan?

Menyusui dianggap bisa menurunkan berat badan karena membakar sejumlah kalori setiap hari. Sebuah penelitian menunjukkan, menyusui eksklusif mampu membakar kalori hingga rata-rata 500 kalori setiap hari. Ini sama dengan berolahraga dengan intensitas sedang selama 45-60 menit.


Dilansir Healthline, faktor lain yang bisa membuat ibu menyusui turun berat badan adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Kalau sedang menyusui, Bunda biasanya berhati-hati dalam memilih makanan, seperti memperbanyak protein, buah kaya serat, sayuran, dan gandum utuh.


Kedua faktor tersebut dapat menjelaskan kenapa ibuĀ menyusui dianggap bisa menurunkan berat badan lebih cepat, dibandingkan yang tidak. Wanita yang menyusui eksklusif minimal tiga bulan, berat badannya lebih banyak 1,5 kg dibanding ibu yang tidak menyusui.

Ibu Menyusui Ingin Cepat Kurus? Simak Tips agar Berat Badan TurunIlustrasi menyusui/ Foto: iStock
Namun, kenapa ya ada beberapa ibu menyusui yang berat badannya tak kunjung turun? Ini karena hormon yang ada di tubuh ibu menyusui memicu rasa lapar. Sehingga, selalu ada godaan untuk makan camilan, Bun.

"Pilihan untuk mengonsumsi makanan ringan yang sehat atau tidak sehat, dan jumlah yang dikonsumsi seorang ibu pada akhirnya dapat mendorong seberapa besar ibu tersebut untuk tidak kehilangan berat badan kehamilan melalui aktivitas menyusui saja," jelas Laura Gruber, konsultan laktasi dikutip dari Openfit.

Para peneliti sendiri juga memang belum sepakat terkait dampak menyusui terhadap penurunan berat badan. Tapi, penelitian menunjukkan bahwa menyusui adalah salah satu faktor yang bisa membantu menurunkan berat badan.


"Kita tidak bisa berasumsi bahwa hanya karena seorang wanita menyusui, dia akan turun berat badan," kata Paige van der Pligt, peneliti dari Center for Physical Activity and Nutrition Research dikutip dari Live Science.

Jadi, untuk menurunkan berat badan enggak cukup dengan menyusui saja ya, Bun. Ini juga perlu didukung dengan gaya hidup sehat untuk mencapai penurunan berat badan setelah melahirkan.

Bunda, lihat cerita Marissa Nasution yang mengalami drama ketika menyusui berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi