Sign Up search


menyusui

Trik Mengatasi Bayi yang Menolak Minum ASI dari Botol

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 23 Jan 2020 16:20 WIB
Trik Mengatasi Bayi yang Menolak Minum ASI dari Botol Menyiasati bayi yang menolak minum susu dari botol dot/Foto: iStock
Jakarta - Sebagian bayi lebih senang menyusu langsung dari payudara Bundanya. Mereka jadi menolak saat diberikan ASI melalui botol dot.

Kalau sudah begini Bunda jadi repot, ketika harus meninggal mereka pergi. Hal ini wajar terjadi pada anak-anak yang menyusu dengan cara direct breastfeeding.


Mereka membutuhkan waktu untuk beradaptasi agar terbiasa minum susu dari botol. Sebagian bayi akan menolak di awal, meskipun ada juga yang mudah menerima kondisi tersebut.


Membicarakan soal menyusui, bukan hanya memberikan makanan pada bayi, Bun. Menyusui juga harus bisa memberikan kenyamanan pada si kecil. Tak heran jika pergantian dari payudara ke botol kerap menimbulkan masalah pada bayi.

"Ketika bayi yang disusui enggak menerima botol dengan baik untuk menyusui, maka sebaiknya Bunda mengeksplorasi cara-cara alternatif untuk memberikan makan pada bayi," ujar Philippa Perason Glaze, IBCLC, seorang konsultan laktasi dikutip dari Breastfeedingsupport.

Trik Mengatasi Bayi yang Menolak Minum ASI dari BotolMenyiasati bayi yang menolak minum susu dari botol dot/Foto: iStock

Dalam hal ini, banyak trik lho yang bisa Bunda lakukan. Glaze memaparkan, Bunda dapat menghadapinya dengan rileks, sabar, dan tetap tersenyum. Ketika bayi mulai menangis karena menginginkan menyusu langsung dari payudara dan tidak mau minum ASI dari botol, cobalah untuk menghiburnya dan tetap tenang sambil mengerjakan beberapa ide lainnya.

Ingat ya, Bun, bayi dapat merasakan ketika Bunda ataupun pengasuh mereka stres. Hal itu dapat menghambat keberhasilan pemberian ASI menggunakan botol. Cobalah alihkan perhatian dengan bernyanyi atau berbicara lembut kepada si kecil, tentang apa yang terjadi dan membantu menenangkannya.

Jika belum berhasil, usahakan tetap tenang agar tidak menambah situasi menjadi semakin kacau. Bunda, jangan memaksa memasukkan botol dot ke dalam mulutnya. Tunggulah sampai mereka membuka mulutnya dan menarik dot itu sendiri.

Jika belum berhasil, cobalah trik lainnya, yakni dengan mengganti dot botol yang berbeda. Trik ini akan sangat membantu untuk memilih jenis dot yang memiliki kait yang serupa dengan sensasi puting payudara.

Bunda dapat mencoba beberapa merek berbeda untuk menemukan satu botol dot yang disukai si kecil. Beberapa bayi mungkin lebih suka dot yang lebih lembut dan lebih kencang. Nah, Bunda dapat mencari tipe tersebut untuk membuatnya nyaman menyusu dari botol.

Melansir Wehavekids, saat bayi masih menolak untuk menyusu dari botol, cobalah ajak mereka berjalan-jalan santai untuk membuatnya tenang. Bunda dapat menyerahkan tugas ini pada orang lain, karena akan lebih sulit bagi seorang ibu untuk memberikan susu botol pada bayinya.

Selain itu, Bunda dapat menepuk bayi dengan lembut dari bagian bawah. Gunakan salah satu tangan Bunda untuk meraih bagian bawah bayi dan dengan lembut perlahan tepuk si kecil di bagian bawahnya dengan gerakan naik turun.


Temukan ritme yang mudah untuk tepukan tersebut. Biasanya, gerakan ini akan menenangkan dan kemungkinan akan mengalihkan perhatiannya. Lakukan setidaknya selama beberapa menit sampai bayi tampak tenang dan santai.

Selamat mencoba ya, Bun!

Bunda, simak juga yuk cara memilih botol susu yang tepat seperti tips di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi