Sign Up search


menyusui

5 Cara Aman Mengatasi Jerawat untuk Ibu Menyusui

Siti Hafadzoh Senin, 27 Jan 2020 07:30 WIB
5 Cara Aman Mengatasi Jerawat untuk Ibu Menyusui 5 Cara Aman Mengatasi Jerawat untuk Ibu Menyusui/ Foto: iStock
Jakarta - Beberapa ibu mengalami jerawat ketika hamil, bahkan setelah melahirkan. Bunda mungkin ingin segera menghilangkannya. Tapi, apakah ada cara yang mengatasi jerawat untuk ibu menyusui?

Jerawat biasanya muncul sejak trimester awal kehamilan. Hormon progesteron memicu jerawat tersebut muncul.


"Lonjakan hormon progesteron yang cepat pada trimester pertama biasanya menyebabkan jerawat pada kehamilan," kata Meghan Dickman, M.D., asisten profesor dermatologi di Stanford University, dikutip dari Self.


Progesteron menyebabkan produksi sebum, minyak yang menyumbat pori-pori. Kemungkinan pori-pori dan folikel rambut akan tersumbat dengan minyak, bakteri, dan sel-sel kulit mati. Ini yang nantinya akan menimbulkan jerawat, Bun.

"Sebagian besar jerawat hormon akan bersih pada trimester ketiga dan beberapa minggu setelah kehamilan," ujar Dickman.

Setelah melahirkan, Bunda butuh waktu 6-8 minggu sampai hormon stabil. Kalau jerawat masih terus mungkin ada penyebab lain di luar hormon kehamilan.

Jerawat yang masih muncul setelah melahirkan perlu ditangani. Tapi, untuk Bunda yang sedang menyusui, perlu berhati-hati ya ketika mengatasi jerawat.

Nah, dikutip dari tulisan Leslie Baumann, M.D., seorang dermatologisĀ di situs webnya, berikut cara aman mengatasi jerawat untuk ibu menyusui.

1. Benzoyl peroxile dan salicylic acid

Meski dosis tinggi salicylic acid tidak boleh digunakan untuk ibu hamil, kedua bahan tersebut cenderung aman digunakan ketika menyusui. Benzoyl peroxide berguna untuk membunuh bakteri penyebab jerawat.

2. Azelaic acid

Azelaic acid bekerja mirip dengan benzoil peroksida, yaitu membunuh bakteri jerawat. Ini juga dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan.

5 Cara Aman Mengatasi Jerawat untuk Ibu MenyusuiIlustrasi menyusui/ Foto: iStock
3. Bahan alami

Beberapa bahan alami juga bisa membantu mengatasi jerawat lho. Obat-obatan alami seperti tea tree oil, thyme, air mawar, dan kunyit dapat membantu mengurangi jerawat dan tidak menimbulkan risiko bagi ibuĀ menyusui atau pun bayinya.

4. Terapi cahaya

Terapi cahaya atau light therapy semakin populer untuk mengatasi jerawat. Light therapy dianggap aman untuk ibu menyusui. Bunda bisa melakukan perawatan ini di dokter kulit.


5. Mengubah gaya hidup

Dengan melakukan perubahan gaya hidup, penampilan kulit juga akan berubah lho. Bunda perlu mengurangi stres dengan latihan meditasi atau yoga.

Selain mengurangi stres, makanan juga berpengaruh terhadap kondisi kulit. Sebaiknya, kurangi konsumsi gula dan susu karena kedua makanan ini dapat menimbulkan jerawat.

Bunda, lihat cerita Marissa Nasution yang mengalami drama ketika menyusui berikut ini yuk.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi