Sign Up search


menyusui

Thrush, Infeksi Jamur yang Rentan Dialami Ibu Menyusui

Radian Nyi Sukmasari Minggu, 09 Feb 2020 14:20 WIB
Thrush, Infeksi Jamur yang Rentan Dialami Ibu Menyusui caption
Jakarta - Saat menyusui, ibu bisa mengalami infeksi jamur yang disebut thrush. Ini merupakan infeksi jamur yang disebabkan jamur Candida albicans atau candida. Jamur ini suka daerah lembab, hangat, kemudian habitatnya di mulut, kulit, vagina, dan saluran cerna.

Ketika jamur menginfeksi ini menginfeksi, bisa ada keluhan gatal, panas, dan iritasi. Dilansir La Leche League, bila ibu menyusui kena infeksi thrush, puting, areola atau payudara akan terasa sakit ketika menyusui.


"Jika mulut bayi terinfeksi, ini bisa membuat mulut si kecil perih dan rewel selama menyusui," demikian penjelasan di La Leche League.


Wanita yang mengalami thrush menjelaskan nyeri yang dirasa amat parah bahkan menyiksa. Makanya, dia merasa takut menyusui dan amat khawatir gimana jika mereka melanjutkan menyusui.

Tanpa penanganan yang wajar dan dukungan dari segala pihak, ibu bisa menyerah menyusui. Tapi, dengan dukungan dan penanganan tepat, Bunda bisa lanjut menyusui.

Ilustrasi ibu menyusuiIlustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

Bila Bunda mengalami thrush atau didiagnosis trush, tetap bisa menyusui kok. Tapi, jika terlalu sakit, Bunda bisa memompa ASI supaya menjaga pasokan ASI. Tak masalah j jika Bunda terus memompa ASI sampai bisa menyusui langsung.

"Untuk mengangani thrush ada beberapa cara yang bisa dilakukan salah satunya konsumsi obat," kata perawat anak bersertifikat Donna Murray, RN, BSN, mengutip Very Well Family.

- Saat ibu dan bayi sama-sama kena trush, segera konsumsi obat yang sudah ditentukan dokter

- Selalu cuci tangan usai aktivitas karena bisa membantu mencegah infeksi termasuk trush

- Cuci payudara untuk menjaga kebersihan. Usahakan basuh puting tiap habis menyusui

- Ganti breastpad sesering mungkin

- Bersihkan perkataan bayi seperti mainan, dot, atau botol susu agar tak ditumbuhi jamur yang bisa memicu thrush

- Jaga kebersihan bra

- Konsumsi probiotik


Simak juga perlengkapan wajib ibu menyusui, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi