sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Penting Menyusui di Malam Hari, Bantu Perkembangan Otak Bayi

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 28 Jan 2020 14:35 WIB
Menyusui di malam hari membutuhkan tantangan untuk terjaga. Tetapi, hal itu terbayar dengan serangkaian manfaat yang didapatkan. Bayi cepat lelap lho, Bun. caption
Jakarta - Setelah melahirkan, para Bunda dihadapkan serangkaian besar perubahan dalam hidupnya. Termasuk jam tidur yang ikut berubah karena harus menyusui bayi di malam hari.

Meskipun harus membuat Bunda terjaga hingga beberapa kali, sebaiknya tetap lanjutkan menyusui sampai si kecil berusia 2 tahun. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan menyusui malam hari, Bun.


Melansir Latinaamericanpost, ibu menyusui akan menghasilkan lebih banyak ASI di malam hari ketimbang siang hari, Bun. Hal ini dikarenakan kadar prolaktin meningkat. Prolaktin sendiri merupakan hormon yang bertanggung jawab merangsang kelenjar susu dan menghasilkan ASI yang dikonsumsi bayi Bunda.


Kadar prolaktin yang meningkat akan membuat Bunda lebih rileks dan beristirahat dengan baik. Bahkan, menyusui di malam hari juga dapat membantu Bunda terhindar dari mastitis yang rasanya sangat menyakitkan.

Manfaat Penting Menyusui di Malam Hari, Bantu Perkembangan Otak BayiManfaat menyusui malam hari/Foto: iStock

Darcia F. Narvaez, Ph.D mengatakan, menyusui juga menjadi cara alami untuk membantu buah hati tertidur lelap. Menyusui akan memberikan dukungan penting bagi pertumbuhan mereka.

"Orang tua harus tahu bahwa ASI pada malam hari mengandung lebih banyak tritofan (asam amino penginduksi tidur) Trytophan ini merupakan hormon vital untuk fungsi dan perkembangan otak," ujarnya, dikutip dari Psychology Today.

Dalam beberapa minggu pertama menyusui, konsumsi tryptophan memicu peningkatan pengembangan reseptor serotonin. Sebagai catatan, serotonin diperlukan untuk fungsi otak yang memadai serta membantu dalam mengelola siklus tidur-bangun dan membantu bayi tetap dalam suasana hati yang baik.

Jadi, ketika Bunda menyusui bayi secara eksklusif di malam hari, tentu Bunda akan membantu si kecil tidur lebih nyenyak di malam hari sambil juga membantu tubuh serta otaknya berkembang secara sehat, seperti dikutip dari laman Baby Gaga.


Nah, pastikan untuk selalu menyusui di malam hari untuk mendapatkan manfaat tersebut ya, Bun. Selamat mengASIhi.

Bunda, simak juga cerita Marissa Nasution yang kesulitan menyusui anaknya:

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi