sign up SIGN UP search


menyusui

7 ASI Booster dari Biji-bijian yang Bisa Bunda Konsumsi

Asri Ediyati Selasa, 11 Feb 2020 16:03 WIB
Pemasok suplai air susu ibu (ASI) atau ASI booster bisa dari berbagai jenis makanan sehat terutama dari tumbuhan. Berikut ini ASI booster dari biji-bijian. caption
Jakarta - Sebenarnya yang dimaksud ASI booster adalah makanan yang sehat dan bergizi lengkap (penuh dengan vitamin dan mineral) bagi sang ibu. Alhasil, jika ibu sehat bisa membantu kelancaran produksi ASI. Ya, jadi ada beberapa makanan yang dipercaya sebagai ASI booster namun belum terbukti secara jelas di penelitian.

Berikut ini HaiBunda rangkum dari berbagai sumber ASI booster dari biji-bijian yang bisa Bunda konsumsi.


1. Havermut atau oatmeal


Oatmeal dianggap bisa mengendalikan terjadinya diabetes selama pasca kehamilan. Oatmeal memiliki banyak kandungan energi. Oatmeal juga mengandung serat dan baik untuk pencernaan Bunda.

2. Biji adas (fennel seeds)

Biji adas dipercaya bisa meningkatkan jumlah ASI. Selain itu, biji yang satu ini menyehatkan pencernaan dan membantu mengendalikan kolik bayi. Biji adas dapat ditambahkan bersama dengan bumbu ke isian sayur. Bisa juga ditambahkan ke teh atau rebus beberapa biji dengan susu dan minum. Demikian dikutip dari Mom Junction.

3. Fenugreek

Mengutip What to Expect, biji aromatik ini sering disebut-sebut sebagai galaktagog kuat. Fenugreek mengandung senyawa seperti estrogen yang dianggap dapat meningkatkan aliran susu.

Meski ada satu studi kecil menemukan bahwa wanita yang minum teh fenugreek tiga kali sehari menghasilkan lebih banyak susu secara signifikan dibandingkan dengan mereka yang tidak. Akan tetapi tidak ada bukti banyak yang menunjukkan bahwa fenugreek bekerja untuk meningkatkan pasokan ASI.
Almond dipercaya sebagai ASI boosterAlmond dipercaya sebagai ASI booster/ Foto: Thinkstock

4. Biji wijen hitam

Biji wijen hitam merupakan sumber kalsium yang kaya dan dipercaya dapat meningkatkan pasokan ASI. Campurkan biji wijen dengan susu, gula, dan almond. Namun, gunakan dalam jumlah terbatas.

5. Biji jintan

Biji jintan dipercaya meningkatkan suplai susu. Biji ini bisa sebagai pembakar lemak dan membantu Bunda terhindar dari iritasi pencernaan seperti asam lambung. Bunda bisa konsumsi biji ini dalam jumlah sedang ke minuman seperti susu.

6. Kacang almond

Kacang almond kaya akan Omega-3 dan Vitamin E. Vitamin E juga membantu menyembuhkan gatal-gatal yang disebabkan oleh stretch mark pasca kehamilan. Sementara itu, Omega-3 membantu laktasi meningkatkan hormon untuk membantu menghasilkan lebih banyak susu.

7. Chickpea (kacang Arab)

Chickpea adalah penguat protein dan laktasi untuk ibu menyusui. ASI booster ini sumber yang kaya kalsium, vitamin B-kompleks dan serat.

Mengenai pasokan ASI, dr.Meta Hanindita, Sp.A, menjelaskan, sebenarnya itu semua ditentukan oleh seberapa sering ibu menyusui atau memerah. Ibu menyusui juga harus selalu berpikiran positif bahwa ASI-nya cukup. Nah, untuk memperbanyak ASI, Meta menyarankan Bunda harus sering melakukan pengosongan payudara dengan memompa atau menyusui.

"Selain itu, minum yang banyak dan positive thinking," tegas Meta, dikutip dari detikcom.



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi