menyusui

Manfaat Fenugreek, Efektif Rangsang Produksi ASI?

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 09 Aug 2019 18:00 WIB
Manfaat Fenugreek, Efektif Rangsang Produksi ASI?
Jakarta - Produksi ASI menyusut tentu menjadi keresahan tersendiri untuk ibu menyusui. Berbagi ASI booster pun dicoba, mulai dari susu almond hingga fenugreek yang dipercaya meningkatkan produksi ASI.

Berbicara mengenai booster ASI, masing-masing Bunda menyusui memiliki kebutuhan yang berbeda satu sama lain. Bisa jadi, salah satu booster ASI sangat efektif untuk Bunda, tetapi tidak berlaku untuk yang lainnya.

Seperti halnya fenugreek yang banyak dipercaya untuk meningkatkan pasokan ASI, ada kalanya juga para ibu menyusui tidak cocok menggunakan booster ini, Bun.


Fenugreek yang biasanya dijual dalam bentuk kapsul atau bubuk ini, memang diketahui dapat bekerja cepat meningkatkan suplai ASI dalam waktu 12-24 jam. Tetapi, pada sebagian ibu, konsumsi fenugreek ini tidak mendatangkan efek untuk meningkatkan ASI. Bahkan, ada yang tidak melihat perbedaan apa pun usai rutin mengonsumsinya.

Manfaat Fenugreek, Efektif Rangsang Produksi ASI?Fenugreek untuk booster ASI/Foto: iStock

Sehingga tak mengherankan jika ada pandangan bahwa fenugreek umumnya tidaklah direkomendasikan oleh sebagian besar profesional kesehatan. Terutama dikarenakan tidak ada bukti yang nyata pada khasiatnya sehingga fenugreek tidak layak dikonsumsi.

"Ada penelitian mengenai efektivitas dan keamanan penggunaan jangka panjang, dimana memberikan hasil yang tidak konsisten dan tidak memadai. Dalam sebagian besar studi, tidak ada volume ASI yang lebih besar dicatat setelah partisipan meminumnya," ujar Rachel Borton, seorang praktisi perawat keluarga berlisensi di Bradley University di Peoria, Illinois, dikutip dari Today's Parent.

Melansir Breastfeedingsupport, fenugreek memang tidak terbukti secara ilmiah efektivitasnya. Beberapa wanita menemukan fenugreek tidak membuat perbedaan pada pasokan ASI-nya dan beberapa lainnya membuat ASI-nya justru berkurang.

Meski fenugreek dinilai masih belum efektif membantu ASI melimpah, Bunda jangan dulu khawatir ya. Sebab, produksi ASI akan bergantung kepada pengeluaran ASI yang efisien dari payudara Bunda ketika diminum oleh bayi langsung ataupun dipompa.

Sehingga, semakin banyak ASI yang diambil dari payudara, semakin banyak ASI pula yang diproduksi di payudara untuk menggantikannya. Ketika proses ini berjalan dengan baik, volume ASI yang dihasilkan pun akan sempurna untuk bayi Bunda atau bahkan untuk bayi kembar sekalipun.

Tetap semangat mengASIhi, Bun.

Menu sarapan berikut juga direkomendasikan untuk ibu menyusui lho!

[Gambas:Video Haibunda]

(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi