Sign Up search


menyusui

Si Kecil Demam, Ini Trik Menyusui yang Nyaman Dilakukan

Dwi Indah Nurcahyani Minggu, 23 Feb 2020 17:09 WIB
Si Kecil Demam, Ini Trik Menyusui yang Nyaman Dilakukan caption
Jakarta - Demam pada bayi akan membuat nafsu makan menghilang, termasuk keinginan menyusu, Bun. Enggak heran kalau mereka jadi enggak terlalu bersemangat minta ASI seperti biasanya.

Dalam kondisi demam, hal ini memang wajar saja terjadi. Bunda pun tidak perlu panik berlebihan menghadapi kondisi si kecil, selama mereka masih mau minum dan buang air kecil seperti biasa.


"Demam sering merupakan pertanda baik dari sistem kekebalan tubuh yang kuat," ujar Dr Kathi Kemper, profesor pediatri di Wake Forest University Baptist Medical Center, dikutip dari ABCnews.


Kemper menuturkan bahwa mungkin demam akan membuat si kecil tidak nyaman. Tetapi biasanya hal itu, menjadi tanda kalau tubuh sedang melawan penyakit yang menyerangnya.

Untuk membantu si kecil tetap merasa nyaman, sebaiknya Bunda tetap memenuhi kebutuhan cairannya dengan cukup. Bunda dapat memberikan ASI sesering yang mereka inginkan, seperti dikutip dari Whattoexpect.

Si Kecil Demam, Ini Trik Menyusui yang Nyaman DilakukanMenyusui anak demam/ Foto: thinkstock

Bagi bayi yang lebih besar dan telah mengonsumsi makanan padat, tawarkan makanan cair seperti jus, agar-agar, sup, dan lainnya. Tawarkan cairan sesering mungkin, sepanjang hari untuk mencegah dehidrasi.

Menyusui memang dapat membantu melindungi bayi dari sakit, tetapi tidak bisa sepenuhnya mencegah penyakit. Ada antibodi dalam ASI yang dapat mempersingkat daya tahan penyakit dan memungkinkan bayi pulih lebih cepat.

ASI dalam hal ini memberikan nutrisi dan cairan esensial yang dibutuhkan anak agar tetap terhidrasi. Bayi pun dapat mencerna serta menyerap ASI lebih mudah daripada sufor. Serta, menyusui merupakan sumber kenyamanan bagi anak yang sedang sakit, termasuk demam, Bun.


Jadi, jangan lelah untuk selalu menawarkan si kecil menyusu meski mereka tidak terlalu bersemangat seperti biasanya ya. Berikan pula kenyamanan dalam posisi ketika menyusui. Jika si kecil memang merasa nyaman menyusu dengan duduk maka Bunda dapat mengikutinya. Atau pun dengan posisi sambil berbaring dimana si kecil merasa lebih nyaman.

Semoga membantu, Bunda.

Bunda, simak yuk tips memperbanyak ASI saat sedang menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]




(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi