sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Menyusui, Simak 3 Cara Memilih Breast Pad agar ASI Tak Bocor

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 03 Mar 2020 15:10 WIB
Breast pad yang Bunda pakai kadang-kadang masih bocor? Simak yuk cara memilih breast pad sesuai dengan kebutuhan kita dari bahan dan bentuknya. caption
Jakarta - Beraktivitas di luar rumah dalam waktu lama, seringkali membuat ibu menyusui was-was. Sebab, ASI bisa saja merembes alias bocor membasahi baju.

Kalau sudah seperti ini, bikin kita jadi keki ya, Bunda. Apalagi kalau warna baju terlihat basah di bagian payudara.


Dalam kondisi seperti ini, breast pad bisa jadi penolong, Bun, agar ASI tidak menembus baju. Menurut Joan Mukiibi Namakula, seorang bidan di International Hospital Kampala-Kololo, penggunaan breast pad memang dapat membantu menyerap ASI berlebih yang keluar dari payudara.


"Penggunaan ini sangatlah penting karena selain membantu menyerap ASI juga menjaga pakaian ibu bebas noda," ujar Namakula seperti dikutip dari Monitor.

Namakula menambahkan, penggunaan breast pad pun sebaiknya diganti setiap tiga jam sekali. Hal itu penting dilakukan untuk tetap menjaga higienitas. Hal ini pun dapat disesuaikan dengan seberapa banyak ASI yang keluar dari payudara ibu.

Ibu Menyusui, Simak 3 Cara Memilih Breast Pad agar ASI Tak BocorBreast pad ibu menyusui/ Foto: iStock

Melansir Momjunction, pemilihan breast pad pun sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan. Dan, beberapa poin berikut ini bisa menjadi panduannya, Bun:

1. Periksa materialnya

Bahan breast pad sangatlah penting dipertimbangkan saat membelinya. Sebaiknya, bantalan yang ada terbuat dari bahan lembut dimana dapat memberikan kenyamanan dan kelembutan pada payudara.

2. Kapasitas menyerap

Ada bantalan yang memiliki kualitas penyerapan lebih besar dari yang lainnya. Lalu, ada pula dengan material bantal yang lembut dengan lapisan bambu dimana dapat menjadi pilihan. Bahan-bahan ini pun jauh lebih menyerap dibandingkan dengan kapas.

Sementara itu, bahan plastik tidak disarankan karena tidaklah nyaman karena dapat mempertahankan kelembaban dimana dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri dan rasa sakit pada puting.

3. Pilih bantalan dengan pelindung anti bocor

Seringkali, kain bantalan tidak dapat menghentikan kebocoran sepenuhnya. Untuk menghentikannya, gunakan bantalan payudara yang memiliki pelindung anti bocor. Biasanya, produk ini akan memiliki lapisan air yang dilaminasi pada dinding bagian dalam. Lapisan air akan menjaga kelembaban di bagian dalam dan menghentikan ASI keluar.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, breast pad bisa jadi kado ibu yang baru melahirkan. Simak ide kado lainnya yuk dalam video berikut!

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi