Sign Up search


menyusui

Berapa Lama Waktu Tepat untuk Menyusui Bayi yang Mudah Tertidur?

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 12 Mar 2020 17:01 WIB
Berapa Lama Waktu Tepat untuk Menyusui Bayi yang Mudah Tertidur? caption
Jakarta - Bayi baru lahir, cenderung cepat tertidur ketika disusui ibunya. Banyak yang mengira kalau nyaman dan kenyang, menjadi alasan bayi mudah terlelap.

Melansir Times of India, bayi tertidur saat menyusui merupakan hal yang normal. Bayi yang baru lahir cenderung tidur selama 14 - 18 jam sehari. Namun, setiap anak memiliki kebiasaan berbeda untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan baru.


Jadi, ketika bayi Bunda tertidur saat menyusu, itu merupakan pola tidur mereka dan begitu mereka bisa beradaptasi akan lebih aktif.


Beth McMillan, seorang konsultan laktasi di Ottawa, Kanada, mengatakan bahwa bayi yang berjuang untuk menyusu secara efektif di masa-masa awal terkadang akan tertidur di payudara meskipun mereka belum mendapatkan banyak ASI. Sehingga Bunda harus lebih aktif membangunkan mereka untuk mengisap ASI.

Berapa Lama Waktu yang Tepat untuk Menyusui Bayi Mudah Tertidur?Lama waktu ideal menyusui bayi yang mudah tertidur/ Foto: iStock

"Bayi-bayi ini mungkin tertidur setelah menyusui dalam waktu singkat karena mereka mudah lelah, atau mereka berhenti karena frustrasi disebabkan mereka tidak mendapatkan ASI yang mereka inginkan, dan kemudian memilih tidur,"ujar McMillan, seperti dikutip dari laman Todaysparent.


Biasanya, bayi bisa menyusu selama lima menit dan mendapatkan banyak ASI. Sementara lainnya, bisa menyusu selama 20 menit dan kemudian tertidur meskipun mereka tidak mendapatkan banyak ASI.

Untuk itu, tetap pastikan ya, Bun, bahwa bayi Bunda mendapatkan ASI yang cukup sehingga tumbuh kembang mereka pun maksimal. Semoga membantu, Bun!

Nah, setelah bayi menyusui maka dianjurkan untuk membuatnya bersendawa. Tips membuat bayi bersendawa bisa Bunda simak langsung di video berikut.

[Gambas:Video Haibunda]




(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi