sign up SIGN UP search


menyusui

5 Faktor yang Memengaruhi Lama Bayi Menyusu, Bunda Perlu Tahu

Annisa Karnesyia Selasa, 20 Jul 2021 20:40 WIB
Confident female pediatrician examines a newborn baby. The baby's mother is holding her. The doctor is touching the baby's head. Baby bottles and a doctor's bag are on a table. caption
Jakarta -

Setiap bayi memiliki kebiasaan menyusu yang berbeda ya, Bunda. Beberapa bayi lebih memilih menyusu di salah satu payudara ibunya dalam waktu lama. Sementara yang lain menyusu di kedua payudara secara bergantian.

Menurut konsultan laktasi Jeanne Cygnus, IBCLC, RLC, selama bayi menunjukkan tanda-tanda kenyang dan cukup ASI, menyusu di satu payudara tidak masalah. Kuncinya adalah memerhatikan bayi dan mengikuti isyaratnya.

"Sebagian besar bayi baru lahir membutuhkan waktu antara 20 sampai 40 menit untuk menyusu. Jika bayi menyusu lebih lama dari waktu ini atau tampak tidak puas, kita perlu mengevaluasi lagi pemberian makan yang benar dengan konsultan laktasi," kata Cygus, dilansir The Bump.


Resep Baik Selama PandemiResep Baik Selama Pandemi/ Foto: Mia Kurnia Sari

Bunda perlu tahu, bayi sering mengalami periode mengisap yang aktif, lalu diikuti dengan jeda singkat atau mengisap ringan. Dalam waktu jeda, bayi menjadi tidak aktif, menelan, atau berhenti menyusu. Nah, saat inilah Bunda bisa menawarkan payudara lain pada buah hati.

Bayi perlu diberikan kesempatan untuk menyelesaikan waktu makannya di satu payudara. Dengan membiarkan mereka mengontrol makannya, menyusui bisa menjadi lebih efektif, Bunda.

Waktu dan lama menyusu tiap bayi bisa berbeda. Sebelum khawatir apakah bayi cukup ASI atau tidak, Bunda sebaiknya pahami dulu faktor yang bisa memengaruhinya ya.

Dilansir Very Well Family, berikut 5 faktor yang memengaruhi lama bayi menyusu:

1. Usia bayi

Bayi yang berusia lebih tua biasanya menyusu dalam waktu singkat. Mereka bsia mendapatkan cukup ASI dengan cepat, Bunda.

Bayi baru lahir membutuhkan sekitar 20-30 menit dalam satu sesi menyusui di kedua payudara. Sementara bayi berusia 3-4 bulan dapat menyusui dengan cepat, yakni 5-10 menit di satu sisi payudara Bunda.

Baca halaman berikutnya untuk tahu 4 faktor lainnya yang bisa memengaruhi lama bayi menyusu ya, Bunda.

Simak juga 5 ASI booster untuk menyusui, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

FAKTOR LAMA BAYI MENYUSU: KONDISI KESEHATAN BAYI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!