sign up SIGN UP search


menyusui

Perlukah Ibu Menyusui Pakai Masker Saat Terserang Flu?

Dwi Indah Nurcahyani Senin, 09 Mar 2020 09:00 WIB
Kondisi sakit saat menyusui memang bikin galau ya, Bun. Termasuk ketika terserang flu yang pastinya dikhawatirkan bisa membuat si kecil ikut tertular. caption
Jakarta - Nah, dalam kondisi ini, Bunda memang sebaiknya lebih ekstra melakukan tindakan pencegahan untuk melindungi si kecil. Namun, bukan berarti Bunda harus ketakutan berlebihan selama sakit.

Tetap rileks agar pasokan ASI tetap berlimpah. Sebab, ASI tetap menyediakan antibodi penangkal penyakit yang membantu membangun sistem kekebalan bayi, Bun.


"Tubuh Bunda dan ASI yang dihasilkan dirancang untuk melindungi bayi dari penyakit. Ketika Bunda sakit, tubuh Bunda sudah membuat antibodi. Antibodi ini pun akan ditransfer ke bayi melalui ASI,"ujar Pamela Poe, seorang konsultan laktasi, seperti dikutip dari laman Monhealth.


Jadi, memang sebaiknya Bunda tidak perlu khawatir untuk menyusui bayi selama terserang flu. Tetapi nih, Bun, jika Bunda merasa terlalu khawatir untuk menyusui langsung, cara aman lain yang bisa dijadikan pilihan yakni memompa ASI dan meminta orang lain memberikannya kepada buah hati.

Melansir Baby Center, ibu menyusui yang sedang flu memang sebaiknya membatasi kontak dengan bayinya. Selain meminta orang lain memberikan ASI mereka, cobalah membatasi paparan bayi terhadap kuman dengan cara lain, Bun. Salah satunya yakni menggunakan masker wajah.

Perlukah Ibu Menyusui Pakai Masker Saat Terserang Flu?Ibu menyusui terserang flu/ Foto: iStock

Jika Bunda tidak bisa menggunakan masker wajah, tutuplah dengan siku bagian dalam ketika Bunda bersin atau batuk. Cara lainnya bisa menggunakan tisu. Ketika Bunda bersin ke dalam tisu, buanglah dan kemudian cuci tangan sesegera mungkin.

Serta, barengi juga dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun dan air hangat sebelum menyentuh atau menggendong bayi. Jika sabun dan air tak tersedia, gunakan pembersih tangan berbahan dasar alkohol.


Jangan lupa juga untuk selalu mencuci payudara secara menyeluruh dengan sabun lembut dan air hangat sebelum menyusui. Dan, segera periksakan diri jika flu semakin parah. Hal ini untuk mempercepat penyembuhan penyakit, sehingga bayi Bunda akan lebih sedikit kemungkinannya terpapar dengan penyakit.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak juga tips menyusui saat menstruasi seperti dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi