sign up SIGN UP search


menyusui

Buah Apa Saja yang Sebaiknya Tidak Dilahap Bunda selama Menyusui?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Rabu, 08 Dec 2021 14:33 WIB
Ilustrasi ibu menyusui atau menggendong bayi caption

Jakarta - Melahap buah-buahan pastinya sangat baik untuk kesehatan ya, Bunda. Apalagi saat menyusui mengingat adanya kebutuhan nutrisi penting untuk Si Kecil. Tapi tahukah Bunda, ada juga beberapa buah yang dilarang untuk dimakan busui lho. 

Menyusui merupakan fase penting dalam kehidupan seorang Bunda yang penuh kenangan dan kebanggaan. Selain itu, momen ini juga memberikan kepuasan terbaik bagi seorang Bunda. Pasalnya, menyusui menjadi cara paling efektif agar Bunda dan Si Kecil terhubung bersama.

Tak mengherankan, di fase ini para Bunda berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Tidak saja memenuhi nutrisi penting untuk mendukung tumbuh kembang buah hati tetapi juga berusaha memberikan ASI terbaik untuk Si Kecil.


Berbicara soal menyusui, memang asupan di fase penting ini tidak boleh sembarangan ya. Bunda pun diharapkan dapat menjaga nutrisi seimbang sehingga ASI yang dihasilkan dapat memberikan nutrisi maksimal.

Selain makan sayuran, Bunda juga direkomendasikan mengonsumsi buah-buahan. Secara umum, ibu menyusui sesungguhnya hampir dapat mengonsumsi makanan apa saja asalkan dalam jumlah sedang. 

Meski demikian, ada beberapa makanan yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi saat menyusui seperti dikatakan Rohit Shelatkar, VP, seorang nutrition expert seperti dikutip dari laman Thenewsmotion.

Banner Pria Aceh dan Istri TurkiBanner Pria Aceh dan Istri Turki/ Foto: HaiBunda/Mia

"Misalnya saja salad dressing dengan sodium tinggi yang harus benar-benar dihindari. Makanan olahan dan cepat saji karena makanan ini  mengandung bahan pengawet dan aditif yang bersifat racun bagi bayi," katanya.

Tak hanya itu, jeruk yang dikenal sebagai sumber vitamin C terbaik juga sebaiknya menjadi buah yang dibatasi asupannya untuk busui ya, Bunda. Ini karena jeruk dapat mengganggu perut bayi karena rasa asamnya.

Apalagi, bayi memiliki saluran pencernaan yang masih sensitif. Sehingga, sulit bagi saluran pencernaan bayi mencerna komponen asam. Bila meminum ASI yang masam, bayi biasanya akan terkena ruam dan mulai meludah setelah menyusui. 

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Simak pula video tentang menu sarapan oatmeal buah untuk busui di bawah ini ya.

[Gambas:Video Haibunda]



BUAH APA SAJA YANG SEBAIKNYA TIDAK DILAHAP BUNDA SAAT MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
Rekomendasi
Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!