Sign Up search


menyusui

Sudah Menyusui Si Kecil, Tapi Kok Payudara Masih Terasa Penuh?

Dwi Indah Nurcahyani Kamis, 19 Mar 2020 09:22 WIB
Sudah Menyusui Si Kecil, Tapi Kok Payudara Masih Terasa Penuh? caption
Jakarta - Saat menyusui, ada saja ya, Bun, tantangan yang dirasakan. Perkara puting yang luka belum pulih, permasalahan lain pun muncul seperti payudara terasa penuh dan bengkak.

Alhasil, membuat tak nyaman saat menyusui. Kondisi ini sebenarnya hal yang normal dan banyak dirasakan para ibu menyusui lainnya. Terutama jika Bunda tidak menyusui dengan tuntas maka payudara akan terasa penuh lebih cepat.

Menurut Sioned Hilton, seorang konsultan laktasi, biasanya kondisi payudara yang penuh dikarenakan buah hati tidak cukup menyusui.

"Tekanan dari bra yang tidak pas atau pakaian ketat juga dapat membuat ketidaknyamanan lebih buruk dimana dapat menyebabkan saluran ASI tersumbat," ujar Hilton dikutip dari laman Medela.


Sudah Menyusui Si Kecil, Tapi Kok Payudara Masih Terasa Penuh? Penyebab payudara ibu menyusui terasa penuh/ Foto: Istimewa

Dalam kondisi ini, jika Bunda tidak secara rutin mengeluarkan ASi, tentunya kondisinya akan semakin tidak nyaman. Untuk itu, sering-seringlah menyusui si kecil dan tawarkan dengan rutin ASI kepada si kecil dengan sering (setidaknya setiap 1-3 jam sepanjang hari dan malam), seperti dikutip dari Very Well Family.

Kemudian, biarkan si kecil menyusui selama yang dia inginkan, tetapi setidaknya 20 menit setiap kali menyusui, Bun. Jika mereka terlihat mengantuk, bangunkan segera untuk menyusu.


Serta, manfaatkan waktu luang untuk memompa payudara agar ASI keluar sedikit-sedikit, sebelum menyusui. Hal ini akan membantu meringankan ketidaknyamanan yang Bunda rasakan, tentunya sekaligus melembutkan payudara Bunda.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak yuk drama Eriska Rein dalam menyusui anak pertamanya dalam video di bawah ini!

[Gambas:Video Haibunda]




(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi