Sign Up search


menyusui

Ibu Menyusui, Hindari 7 Makanan yang Bikin Bayi Kembung

Ratih Wulan Pinandu Sabtu, 21 Mar 2020 09:02 WIB
Ibu Menyusui, Hindari 7 Makanan yang Bikin Bayi Kembung caption
Jakarta - Perut yang banyak mengandung gas, bisa membuat bayi merasa tidak nyaman. Hal itu bisa tandai dengan kondisi bayi yang menangis terus-menerus, Bun.

Memilih makanan degan hati-hati dapat membantu mengurangi jumlah gas di perut bayi. Seperti dikatakan Dr.Zubaida Sadik, dokter anak bersertifikat di Freehold, New Jersey, agar ibu menyusui hati-hati memilih makanan.


"Secara umum, kami menyarankan semua ibu menyusui untuk menghindari makanan yang bisa memicu penimbunan gas di perut."


Lalu, makanan apa saja yang sebaiknya ibu menyusui hindari? Melansir laman Mom, berikut di antaranya, Bun:

1. Brokoli

Meskipun brokoli mengandung vitamin dan nutrisi yang bagus, tapi bisa membuat ibu dan bayi menimbun gas dalam tubuh. Menurut Sadik, brokoli adalah serat larut yang tidak cepat rusak di usus, sehingga sulit dicerna. Faktanya, brokoli tidak rusak sampai melewati usus besar, yang merupakan tempat berkembangnya gas.

2. Kacang dan lentil

Selain gula, di dalam kacang dan lentil juga mengandung serat tinggi yang dapat menyebabkan kembung, tidak mudah dipecah dan diserap oleh usus. Mengonsumsi makanan berserat tinggi ini lebih sekali dalam seminggu, dapat menghasilkan gas berlebihan untuk ibu dan bayi.

Ibu Menyusui, Hindari 7 Makanan yang Bikin Bayi KembungKafein bikin bayi kembung/ Foto: iStock

3. Makanan dan minuman berkafein

Makanan dan minuman yang mengandung kafein sering menghasilkan gas berlebihan untuk ibu dan bayi. Sadik pun menyarankan agar ibu menyusui untuk mengurangi makanan dan minuman berkandungan kafein.

Sistem pencernaan bayi masih berkembang, sehingga tidak bisa mengeluarkan kafein. Makanan tersebut tercerna melalui ASI Bunda. Selain itu, dorongan energi dari kafein juga bisa mengganggu jadwal tidurnya.

Sedangkan menurut ulasan Hellomotherhood, bayi yang minum ASI mengandung ASI bisa cepat marah. Kafein dalam minuman seperti teh, kopi, dan cokelat harus dibatasi 8 ons per hari, untuk mencegah perut bayi jadi tidak nyaman.

4. Makanan panas dan pedas

Rempah dapat meningkatkan asam lambung bagi Bunda. Selain itu, kandungan ASI Bunda juga dapat menyebabkan bayi merasa kembung, karena gas yang menumpuk.

Secara khusus, Sadik merekomendasikan untuk menghindari bubuk bawang, lada hitam, saus lobak, dan makanan panas sampai Bunda berhenti menyusui.

Ibu Menyusui, Hindari 7 Makanan yang Bikin Bayi KembungKafein bikin bayi kembung/ Foto: dok. detikFood

5. Cokelat

Cokelat juga dapat menyebabkan gas berlebihan pada bayi, jika Bunda mengonsumsinya secara berlebihan. Hal itu merupakan akibat kandungan kafein yang tinggi dalam cokelat. Pengaruhnya memang akan berbeda pada ibu menyusui satu dengan lainnya, tapi Sadik menyarankan agar tidak memakannya setiap hari.

6. Jus jeruk

Kandungan asam yang tinggi dalam jus jeruk dapat mengiritasi sistem pencernaan bayi yang berkembang. Lebih dari satu hari akan berdampak pada bayi.

Untuk itu, Sadik menyarankan untuk membatasi asupan jus jeruk jadi seminggu sekali. Ganti suplemen diet Bunda dengan buah-buahan segar yang mengandung vitamin C.


7. Susu sapi

Makanan yang mengandung susu sapi akan menyebabkan gas paling banyak. Untuk ibu Leigh Anne O'Connor, konsultan laktasi yang berbasis di New York menyarankan, ibu dan bayi untuk menghindarinya. Hal tersebut karena proteinnya susah untuk dicerna. Solusinya adalah ganti dengan susu almond atau kedelai.

Hati-hati memilih makanan ya, Bun, demi kenyamanan si kecil.

Bunda, berikut ada rekomendasi sarapan untuk ibu menyusui lho. klik video di bawah ya:

[Gambas:Video Haibunda]




(rap/rap)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi