sign up SIGN UP search


menyusui

Ibu Terinfeksi Virus Corona Bolehkah Tetap Menyusui?

Radian Nyi Sukmasari Selasa, 24 Mar 2020 13:04 WIB
Virus corona masih merebak. Salah satu kekhawatiran yang muncul adalah ketika yang terinfeksi ibu menyusui. Bolehkah menyusui? caption
Jakarta - Salah satu kekhawatiran yang bisa terjadi di tengah pandemi virus corona atau Covid-19 adalah ketika menginfeksi ibu menyusui. Pastinya ada pertanyaan bolehkah ibu yang terinfeksi corona menyusui?

Menurut konselor laktasi dr.Hikmah Kurniasari MKM, CIMI, rekomendasi WHO menyampaikan bahwa ibu dengan Covid-19 dapat menyusui bayinya 'jika mereka menginginkannya' dengan catatan berikut, Bun.




"Menjaga higiene saluran pernapasan dengan menggunakan masker (masker yang dianjurkan)," kata Hikmah saat ngobrol dengan HaiBunda.

Kemudian, mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh bayi. Lalu, membersihkan dan melakukan desinfeksi pada barang-barang yang disentuh

Jika ibu tidak cukup kuat untuk menyusui bayinya, ibu didukung untuk memerah ASI dan ada yang memberikan ASIP-nya. Atau, kata Hikmah dengan donor ASI yang aman.

"Rekomendasi IDAI menyampaikan ibu dengan Covid-19 sebaiknya mempertimbangkan dengan bijak untuk memerah ASI dan diberikan dukungan dari orang lain untuk memberikan ASIP-nya kepada bayinya," tambah Hikmah.

ilustrasi menyusuiilustrasi menyusui/ Foto: shutterstock
Dia juga mengingatkan, kebersihan peralatan untuk memberikan ASIP juga perlu diperhatikan ya, Bunda. Juga dukungan perlu diberikan kepada ibu dan keluarga supaya tetap semangat dan fokus menyusui si kecil ketika terinfeksi corona.

"Bayi juga perlu diobservasi, apabila ada keluhan segera ke pelayanan kesehatan. Bila demam lebih dari 38 Celsius lalu mengalami gangguan saluran napas seperti batuk atau pilek, segera cek ke dokter, Bunda.



Nah, Academy Breastfeeding Medicine mengatakan walau ada studi terbatas pada ibu dengan Covid-19 dan corona virus lainnya yaitu SARS-CoV, virus itu tidak terdeteksi di ASI. "Namun, tetap belum diketahui apakah ibu dengan Covid-19 dapat mentransmisi virus ke ASI-nya," ujar Hikmah.

Dia menambahkan, dalam hal ini lebih baik ibu berkonsultasi dengan dokter atau konselor yang kompeten. Sehingga, bisa didapat solusi terbaik untuk ibu, si kecil, dan keluarga.

Cek senam lidah untuk bayi tongue tie di video ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(rdn/rdn)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi