Sign Up search


trending

Kisah Pasien 01, 02, dan 03 yang Sembuh dari Virus Corona

Asri Ediyati Senin, 23 Mar 2020 06:30 WIB
Kisah Pasien 01, 02, dan 03 yang Sembuh dari Virus Corona Kisah Pasien 01, 02, dan 03 yang Sembuh dari Virus Corona/ Foto: Menkes Terawan umumkan pasien kasus 01-02-03 sembuh (Kadek/detikcom)
Jakarta - Pada 2 Maret 2020, Presiden Joko Widodo mengumumkan secara resmi bahwa dua orang WNI positif Corona. Dua orang tersebut diduga berinteraksi dengan WNI Jepang yang sempat masuk ke Indonesia. Namun, pada Senin 16 Maret 2020, dua pasien pertama dan satu pasien kasus 03 dinyatakan sembuh.

Hal tersebut diungkap jubir pemerintah terkait penanganan Corona, Achmad Yurianto, dalam konferensi pers di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta Utara.


"Sudah kami periksa 2 kali berturut-turut, untuk virus ini dan sudah benar-benar negatif. Artinya, secara fisik enggak ada keluhan sama sekali sudah nampak sehat dan kemudian secara laboratoris sudah tidak ada lagi virus yang berada di dalam tubuhnya. Kami meyakini beliau bertiga sudah memiliki imunitas untuk kebal terhadap infeksi virus ini," kata Achmad dikutip dari detikcom.

Sudah sembuh, ketiganya pun berbagi cerita dan pengalaman ke CNN IndonesiaPasien Corona nomor 01 mbak Sita Tyasutami, pasien nomor 02 ibu Maria Darma, dan pasien nomor 03,mbak Ratri Anindya awalnya bercerita tentang gejalanya.

"Awalnya saya batuk dan demam. Kemudian sempat muntah di awal-awal. Ngilu di tulang saya dan vertigo. Itu untuk flu, batuk, dan demamnya itu saya bertahan dua minggu," kata Sita.

"Jadi saya tiap hari minum obat demam, sudah turun naik lagi. Demamnya 38,5 sampai 38,7, enggak bisa ngapa-ngapain dan pingsan terus tiap hari. Saya gejalanya paling parah," sambungnya.

Sementara itu pasien 03, Ratri mengungkap bahwa ia hampir tak merasakan gejala apapun. Ia mengaku badannya saja yang lemas dan dianggap jet lag karena baru tiba dari luar negeri.

"Sempat lemas banget tiba-tiba, saya tidur. Saya baru tiba di Indonesia, saya pikir saya jet lag, hari itu saya demam cuma maksimum 37,3. Gejala demamnya dikit sekali, demam cuma lima hari, saya sembuh betul," ujar Ratri.

"Waktu saya dipanggil Kemenkes untuk dites, saya sudah merasa sehat dan sudah beraktivitas kembali. Tapi tetap dinyatakan positif dan waktu dinyatakan antara percaya enggak percaya," lanjutnya.

Kata Ratri, tanpa gejala pun kita bisa carrier virus, Bunda. 


Klik next untuk halaman selanjutnya. (aci/som)
Share yuk, Bun!
Artikel Terkait

Rekomendasi