sign up SIGN UP search


menyusui

Cara Menghadapi Bayi yang Sering Memelintir Payudara Bunda Saat Disusui

Dwi Indah Nurcahyani Jumat, 10 Apr 2020 12:03 WIB
Cara Menghadapi Bayi yang Sering Memelintir Payudara Bunda Saat Disusui caption
Jakarta - Entah karena iseng atau nyaman, si kecil sering banget memegang payudara ibunya saat sedang disusui. Bahkan, mereka kadang-kadang memelintir hingga menarik ujung puting payudara. Waduh, kalau sudah begini rasanya jadi sakit sekali.

Bunda juga pernah mengalami hal yang sama? Menurut Lindsay Greenfield, seorang konsultan laktasi bahwa hal tersebut perilaku yang wajar. Sebab, memegang payudara merupakan cara untuk merangsang produksi ASI pada Bunda.


"Gerakan memijat ini juga dapat meningkatkan tingkat oksitosin pada Bunda, merangsang produksi ASI, dan manfaat tambahan membuat kerutan areola serta memproyeksikan puting ke bentuk yang lebih baik bagi Bunda yang menyusui," ujar Greenfiel dilansir Romper.


Meskipun memang terkadang tidak nyaman, Bunda tidak boleh berkecil hati ya. Karena hal tersebut ternyata mendatangkan manfaat bagi Bunda sendiri. Tetapi, jika Bunda memang benar-benar tidak nyaman dibuatnya, jangan ragu untuk mengalihkan perhatian si kecil dengan cara kreatif lainnya.

Cara Menghadapi Bayi yang Sering Memelintir Payudara Bunda Saat DisusuiMengatasi anak yang suka memagng payudara saat disusui/ Foto: iStock

Melansir Kellymom, untuk menghadapi perilaku si kecil yang mungkin terkadang membuat Bunda tidak nyaman saat menyusui, tak ada salahnya juga membuat antisipasi.


Dalam hal ini, Bunda dapat menemukan cara lain agar si kecil teralihkan perhatiannya. Berikan si kecil mainan yang dapat dipegangnya selama menyusui. Atau, pertimbangkan juga untuk mengenakan bra atau pakaian lain yang tidak mudah diakses tangan si kecil. Bunda juga bisa menutupi payudara yang berlawanan dengan tangan atau lengan sehingga perhatiannya dapat teralihkan.

Nah, semoga membantu ya, Bun!

Simak juga yuk posisi menyusui yang benar sesuai anjuran dokter, seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi