sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Membuat Bayi Menyusu dengan Pelekatan yang Benar di Payudara

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 07 Apr 2020 07:00 WIB
4 Cara Membuat Bayi Menyusu dengan Pelekatan yang Benar di Payudara caption
Jakarta - Posisi menyusui yang kurang tepat, bisa membuat Bunda dan si kecil jadi tidak nyaman. Bukan hanya membuat bayi tidak kenyang, payudara pun akan terasa sakit.

Biasanya, permasalahan tersebut terkait dengan pelekatan yang kurang baik, Bun. Ini mungkin menjadi masalah sejak si kecil belajar menyusu di awal kelahirannya. Atau, kemungkinannya bayi Bunda telah menyusu dengan baik pada awalnya tetapi sekarang tidak.


"Permasalahan ini memang tidak memiliki jawaban yang sederhana. Pelekatan yang tidak tepat bisa disebabkan oleh obat yang diberikan pada ibu saat proses persalinan. Atau memaksa bayi mengisap payudara, atau dengan memegang kepala bayi untuk mengunci," ujar Jacki Glover, seorang konsultan laktasi, dikutip dari Today's Parent.


Sebelum bertambah parah, yuk benahiĀ pelekatan menyusui secara tepat. Karena, ketika bayi tidak juga menunjukkan perbaikan dalam pelekatan, bisa jadi pertanda masalah kesehatan yang perlu diselidiki.

Melansir Kidshealth, agar bayi dapatĀ menyusu dengan baik, kuncinya memang dengan pelekatan yang benar, Bun. Ikuti yuk tips berikut ini agar bayi Bunda dapat menyusu dengan baik dan maksimal:

1. Buat nipple sandwich

Pegang payudara Bunda dengan tangan dan kompres untuk membuat 'nipple sandwich'. Cara mudah untuk memegangnya ialah pertahankan ibu jari di hidung bayi dan jari-jari Bunda di dagu (jempol dan jari-jari harus cukup jauh ke belakang sehingga mulut bayi menjangkau cukup puting dan areola untuk menempel). Dengan memampatkan payudara seperti ini maka memungkinkan bayi mendapatkan pelekatan yang dalam.

4 Cara Membuat Bayi Menyusu dengan Pelekatan yang Benar di PayudaraPelekatan yang benar saat menyusui/ Foto: iStock

2. Biarkan bayi membuka lebar mulutnya

Sentuh atau gosokkan puting di kulit antara hidung dan bibir bayi Bunda. Ketika ini terjadi, bayi harus membuka lebar mulutnya (seperti menguap) dengan lidah ke bawah).

3. Bawa bayi Bunda ke arah payudara

Ketika mulut bayi terbuka lebar, segera arahkan bayi ke payudara Bunda. Bayi harus mengambil sebanyak mungkin areola ke dalam mulut. Pastikan hidung bayi hampir menyentuh payudara.


4. Bayi menempel di payudara

Untuk memastikan Bunda melakukannya dengan benar, ada baiknya perhatikan apakah bayi sudah menempel di payudara secara maksimal atau belum. Ketika sudah, maka bisa dipastikan bayi telah mendapatkan pelekatan yang baik.

Bunda, simak juga yuk cara membuat bayi sendawa usai menyusu seperti dalam video berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]




Semoga membantu, Bun! (rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi