sign up SIGN UP search


menyusui

5 Manfaat Probiotik untuk Ibu Menyusui, Kurangi Stres & Turunkan Berat Badan

Siti Hafadzoh Minggu, 19 Apr 2020 09:25 WIB
Mother's lullaby. Beautiful mom lulling newborn baby while sitting on sofa at home caption
Jakarta - Ibu menyusui membutuhkan berbagai nutrisi demi kesehatan Bunda dan si kecil. Probiotik menjadi salah satu nutrisi yang penting dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Probiotik aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. Probiotik yang dimaksud bisa berbentuk suplemen atau makanan.


"Ya, tidak apa-apa ibu menyusui untuk mengonsumsi suplemen probiotik," tulis dokter anak Kimberly Lee, M.D., dikutip dari Baby Center.


Menurutnya, konsumsi probiotik justru untuk kesehatan ibu menyusui, tidak berpengaruh pada ASI. Ini karena ASI memang sudah mengandung probiotik untuk bayi.

Namun, perlu diperhatikan ya, Bun. Probiotik biasanya diperoleh dari makanan seperti yoghurt atau kedelai. Bunda perlu hati-hati kalau bayi alergi dengan makanan itu.

Nah, berikut ini 5 manfaat probiotik untuk ibu menyusui.

1. Meningkatkan komposisi probiotik pada ASI

Mengutip Mom Junction, mengonsumsi probiotik dapat berdampak pada komposisi probiotik ASI. Meski begitu, probiotik tidak langsung mengalir pada ASI dan diberikan kepada bayi.

5 Manfaat Probiotik untuk Ibu Menyusui, Kurangi Stres & Turunkan Berat BadanIlustrasi ibu menyusui/ Foto: iStock

2. Membantu menurunkan berat badan


Probiotik dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan serta menghilangkan lemak perut lho. Probiotik mengurangi penyerapan lemak di usus kecil dan membuat Bunda merasa kenyang lebih lama.

3. Meningkatkan mood

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi probiotik secara rutin dapat meningkatkan mood. Selain itu, probiotik meningkatkan fungsi kognitif dengan menurunkan stres dan kecemasan lho, Bun.

4. Membantu produksi vitamin B

Tubuh Bunda juga membutuhkan vitamin B. Dikutip dari Firstcry Parenting, probiotik menghasilkan vitamin B melalui proses metabolisme. Vitamin ini berguna untuk menjaga kadar zat besi dalam tubuh yang sangat berguna untuk ibu menyusui.


5. Meningkatkan imunitas

Ketika menyusui, Bunda akan kehilangan banyak nutrisi dari tubuh dan imunitas akan lemah. Dilansir Naturelo, makanan kaya probiotik membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mengatur metabolisme.

Semoga tipsnya membantu ya, Bunda.

Simak juga cerita Eriska Rein yang pernah mengalami drama ketika menyusui putra pertamanya.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi