sign up SIGN UP search


menyusui

5 Efek Samping Konsumsi Probiotik pada Ibu Menyusui, Alergi hingga Infeksi

Annisa Karnesyia Sabtu, 06 Feb 2021 13:47 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Probiotik memiliki segudang manfaat kesehatan untuk ibu menyusui dan bayinya lho. Probiotik ternyata bermanfaat untuk sistem pencernaan, Bunda.

Probiotik dikenal sebagai bakteri 'baik' yang hidup di saluran usus manusia. Jenis mikroorganisme ini membantu tubuh memproses makanan ketika jumlah mereka berlebih.

Menurut ahli neonatologi, Kimberly Lee, M.D., bayi yang mendapat ASI eksklusif memiliki dominasi bakteri baik dalam tubuhnya. Selain itu, ASI sendiri mengandung 'prebiotik' siap pakai yang mendorong terbentuknya bakteri baik.


"Bahkan sampai bayi ini diberi makan selain ASI, susu formula, atau makanan padat, kondisi dalam tubuhnya akan tetap seperti itu," kata Lee, dilansir Baby Center.

Konsumsi probiotik dalam bentuk suplementasi dan makanan aman saat menyusui. Meski begitu, Bunda perlu konsultasi ke dokter atau ahli laktasi sebelum mengonsumsinya ya.

Mengutip laman Mom Juction, penelitian telah menunjukkan bahwa penggunaan terus-menerus dari probiotik dapat meningkatkan respos imunoprotektif ASI. Asupan suplemen ini juga dapat memengaruhi komposisi probiotik ASI, meski tidak langsung berpengaruh pada bayi yang disusui.

Selain untuk kesehatan cerna, probiotik memainkan peranan penting dalam sistem imunitas si kecil. Sebuah penelitian mengatakan bahwa ibu yang konsumsi probiotik akan mendapatkan efek imunomodulator pada ASI.

"Efek ini bisa mengurangi risiko eksim atopik pada bayi yang disusui selama dua tahun pertama kehidupannya," ujar ahli nutrisi klinis, Swati Patwal, M.Sc.

Sementara itu, pada ibu menyusui, probiotik bisa mengatasi inflamasi, Infeksi Saluran Kemih (ISK), hingga mual karena masalah saluran cerna. Probiotik bahkan bisa mengurangi penyerapan lemak di usus kecil dan membuat Bunda kenyang lebih lama.

Meski memberikan banyak manfaat, konsumsi probiotik ternyata bisa menimbulkan efek samping pada ibu menyusui. Klik next untuk tahu efek sampingnya ya, Bunda.

Simak juga cara memperbanyak ASI saat menstruasi, dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

Banner Cha Eun Woo
Efek samping konsumsi probiotik pada ibu menyusui
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!

Rekomendasi