sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Mengatasi ASI Tidak Keluar Setelah Melahirkan

Siti Hafadzoh Rabu, 15 Apr 2020 08:03 WIB
Premature baby born at 25th week of pregnancy sleeping during the kangaroo care session in hospital. Genuine emotions, real scene. Natural light. caption
Jakarta - Beberapa ibu baru mengalami kesulitan ketika baru melahirkan. Salah satunya adalah permasalahan ASI yang tidak keluar di hari pertama melahirkan. Bunda pasti khawatir si kecil akan kelaparan dan tidak mendapat asupan yang cukup.

Namun, Bunda tidak perlu cemas dulu. Bayi memiliki daya tahan tubuh dan tidak akan kelaparan hingga 2x24 jam setelah ia lahir.


"Kenapa ASI enggak langsung keluar? Ini sebetulnya wajar karena ibu harus memancing keluarnya ASI," kata Rianti Amd., Keb pada beberapa waktu lalu.


Apa saja ya hal yang perlu Bunda lakukan supaya ASI keluar setelah melahirkan? Dikutip dari Healthline, berikut 5 tips mengatasi ASI tidak keluar setelah melahirkan.

1. Pijat payudara

Stimulasi payudara dapat membantu meningkatkan jumlah produksi ASI. Salah satu bentuk stimulasinya adalah dengan memijat payudara.

5 Tips Mengatasi ASI Tidak Keluar Setelah MelahirkanIlustrasi menyusui/ Foto: iStock

2. Menyusui atau pumping lebih sering

Bunda sebaiknya menyusui, pumping, atau memerah ASI setiap 2-3 jam sekali. Perlu diingat, semakin sering ASI keluar dari payudara, akan semakin banyak juga produksinya. Produksi SI sendiri menyesuaikan dengan kebutuhan yang diminta bayi, atau biasa disebut supply by demand nih, Bun.

3. Kompres air hangat

Kompres payudara dengan air hangat sambil memijatnya. Kompres payudara dengan air hangat sebelum menyusui, dapat membantu aliran ASI banyak keluar.

4. Rileks dan dengarkan musik

Mendengarkan musik yang yang menenangkan dapat membantu Bunda merasa rileks. Perasaan rileks tersebut dapat meningkatkan hormon yang dibutuhkan untuk mengeluarkan ASI.


5. Minum banyak air

Ibu menyusui tidak boleh kurang minum apalagi sampai dehidrasi karena ASI mengandung banyak air. Jadi, Bunda perlu minum banyak air untuk meningkatkan produksi ASI.

Semoga tips ini membantu ya, Bun.

Simak juga tips memperbanyak ASI ketika menstruasi berikut ini.

[Gambas:Video Haibunda]

(sih/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi