sign up SIGN UP search


menyusui

Manfaat Menyusui Bayi dalam Posisi Berbaring Miring

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 21 Apr 2020 08:04 WIB
Beautiful mom lying at the back of the baby while the infant is sleeping on the white bed. Asian mother looking at the baby which is her child with love and care. caption
Jakarta - Menyusui si kecil sambil berbaring memang paling nyaman ya, Bun. Selain membuat Bunda sedikit beristirahat, posisi ini juga membuat bayi merasa lebih nyaman menyusu.

Menurut Dallas Parsons, seorang konsultan laktasi yang berbasis di South Surrey, BC, menyusui dengan berbaring memiliki manfaat yang besar bagi ibu menyusui.


"Posisi ini benar-benar santai dan membantu ibu baru yang kurang tidur mendapatkan lebih banyak istirahat dengan berbaring ketika menyusui bayinya," ujar Parsons dikutip dari Todaysparent.


Dipaparkan Parsons, menyusui dengan berbaring miring juga bermanfaat jika perineum Bunda rusak selama persalinan. Sebab, dengan posisi duduk maka tulang akan terasa menyakitkan.

Manfaat Menyusui Bayi dalam Posisi Berbaring MiringManfaat menyusui berbaring/ Foto: iStock

Tak hanya itu saja, menyusui dengan berbaring bagi sebagian besar bayi juga dapat membantu mereka menyusui lebih baik, Bun.

Melansir Very Well Family, ketika menyusui dalam posisi berbaring miring, Bunda dapat meletakkan si kecil di samping Bunda. Sehingga, Bunda dan bayi dalam posisi berhadapan khususnya perut ke perut dengan kepala bayi Bunda di depan payudara Bunda.


Sejak awal kelahiran bayi, posisi menyusui ini merupakan pilihan yang sangat baik untuk dicoba. Posisi ini juga menjadi pilihan terbaik ketika Bunda berada di rumah sakit usai persalinan, di mana posisi ini menjadi cara sempurna untuk menyusui dengan nyaman di tempat tidur.

Bagi Bunda yang menjalani persalinan caesar, posisi ini pun menjadi pilihan yang bisa dipilih mengingat posisi ini dapat membantu proses menyusui lebih nyaman karena bayi Bunda tidak akan menekan perut dan tempat sayatan caesar.

Semoga membantu, Bun!

Nah, kalau berikut ini adalah tips memperbanyak ASI saat Bunda sudah mulai mentruasi kembali. Klik videonya ya!

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi