sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda, Simak 4 Tips Aman Menyusui Saat Pandemi Corona

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 14 Apr 2020 08:04 WIB
Para ahli laktasi menyarankan agar para Bunda terus menyusui selama pandemi corona. Mereka tidak menyarankan untuk melakukan penyapihan. Simak tipsnya! caption
Jakarta - ASI merupakan nutrisi terbaik untuk melindungi si kecil dari berbagai penyakit. Termasuk ketika wabah virus corona atau covid 19 menyerang di seluruh dunia.

Mengingat ada perlindungan imunologis yang terdapat di dalam ASI, para ahli sepakat bahwa bagus bagi para Bunda untuk terus menyusui selama pandemi virus corona.


"Teruslah menyusui dan hindari menyapih selama pandemi Covid 19. ASI adalah campuran sempurna dari antibodi, vitamin, dan faktor kekebalan lainnya terutama pada saat sakit," ujar Tiara Caldwell, LPN, IBCLC, seorang konsultan laktasi dikutip dari Romper.


4 Tips Aman Menyusui Saat Pandemi Covid 194 tips aman menyusui selama pandemi corona/ Foto: iStock

Sementara itu melansir dari laman UNICEF, beberapa cara aman saat menyusui juga perlu dilakukan, Bun. Hal ini tentunya untuk memberikan perlindungan maksimal kepada buah hati Bunda. Berikut ini beberapa tipsnya ya, Bun:

1. Teruslah menyusui sambil menjaga kebersihan. Kenakan masker saat menyusui, cuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menyentuh bayi, dan bersihkan permukaan dengan disinfektan secara teratur.

2. Lakukan pembersihan tambahan dan teruslah menyusui jika bunda sakit sekalipun. Sebab, menyusui merupakan cara terbaik untuk melawan virus dan melindungi bayi Bunda.

3. Gunakan cangkir dan sendok untuk memberi makan bayi dengan ASI jika terlalu sakit untuk menyusui.


4. Berhati-hatilah saat memberikan susu formula. Ingat ya, Bun, menyusui merupakan cara terbaik untuk memberikan makanan ideal untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi yang sehat.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak cara menyusui yang tepat sesuai saran dokter seperti dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi