sign up SIGN UP search


menyusui

Tips Menyusui & Work From Home Tetap Lancar di Bulan Ramadhan

Yuni Ayu Amida Selasa, 28 Apr 2020 08:07 WIB
ibu menyusui caption
Jakarta - Di bulan Ramadhan, menyusui biasanya akan menjadi tantangan berat bagi ibu bekerja ya, Bunda. Lalu, bagaimana caranya agar ibu bekerja tetap lancar menyusui meski sedang berpuasa?

Dijelaskan konselor ASI, dr.Ameetha Drupadi, CIMI, ibu menyusui yang berpuasa harus memperhatikan nutrisi makanan yang dikonsumsi. Makanan yang Bunda konsumsi harus sama jumlahnya ketika seperti sebelum berpuasa.


"Nah, makanan itu kandungannya 50 persen karbohidrat, 30 persen protein, 10 persen sayur dan buah, dan 10 persen lemak, dan air putih antara dua sampai tiga liter sehari," kata Ameetha Drupadi, dikutip dari YouTube Channel Ameetha Drupadi, Senin (27/4/2020).


Lebih lanjut, Ameetha mengatakan, menu sahur sebaiknya disamakan dengan menu sarapan pagi di bulan biasa. Lalu pada saat berbuka puasa, Bunda menyegerakan berbuka dengan menu yang sama dengan snack atau selingan pagi.

Tips Menyusui & Work From Home Tetap Lancar di Bulan RamadhanTips Menyusui & Work From Home Tetap Lancar di Bulan Ramadhan/ Foto: istock


Kemudian setelah salat maghrib, lanjut makan utama seperti makan siang. Kemudian setelah salat Isya dan salat Tarawih, makan seperti makanan ringan atau selingan sore, lalu dilanjut makan malam.

"Jangan lupa konsumsi air minum 2 sampai 3 liter sehari karena Bunda yang sedang menyusui butuh banyak cairan, agar tidak dehidrasi dan bisa produksi ASI lebih banyak," jelasnya.

Sementara itu, kata Ameetha, untuk Bunda yang bekerja kantoran atau saat ini work from home, pada siang hari maksimalkan untuk pumping sebanyak dua sampai tiga kali. Lalu optimalkan waktu untuk istirahat.

"Hindari makanan yang membuat kondisi Bunda menjadi tidak fit, seperti makanan pedas atau makanan yang terlalu berminyak, agar Bunda tetap kuat menjalani ibadah puasa," saran Ameetha.


Simak juga tips memperbanyak ASI dalam video ini:

[Gambas:Video Haibunda]



(yun/muf)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi