sign up SIGN UP search


menyusui

5 Tips Merawat Payudara Ibu Menyusui, agar Si Kecil Bebas Sakit

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 29 Apr 2020 10:04 WIB
Mother breastfeeding a new born baby boy in a hospital room caption
Jakarta - Sama halnya dengan mata yang perlu dijaga kebersihannya, payudara pun demikian lho, Bun. Bunda menyusui, sebaiknya tidak sembarang menyentuh puting payudara dengan tangan yang tidak dicuci untuk menghindari terjadinya infeksi.

Tangan yang kotor berpeluang membuat ASI terkontaminasi kotoran. Untuk itu, menjaga kebersihan puting sama halnya dengan menjaga kebersihan alat makan. Hal itu perlu dilakukan untuk memastikan asupan yang dikonsumsi si kecil tetap higienis.


Colette Kanangan, seorang bidan di King Faisal Hospital, Rwanda mengatakan bahwa ketika Bunda menyusui tidak mencuci payudara dan puting dengan benar maka akan membuat bayinya rentan terkena berbagai penyakit dan infeksi.


"Payudara yang kotor mengandung kuman dan ketika bayi menyusu dari Bunda, itu akan membuat mereka rentan terhadap berbagai infeksi," ujar Colette seperti dikutip dari laman Newtimes.

Beberapa infeksi umum yang dialami anak menyusu dari payudara yang kotor di antaranya diare, Bun.

Dr David Nsiime, seorang dokter umum mengatakan bahwa Bunda yang sedang menyusui haruslah mencuci payudaranya dengan air dan sabun setiap hari kemudian mengeringkannya serta cucilah tangan sebelum menyusui.

Selain itu, beberapa tips untuk membantu merawat payudara Bunda saat menyusui dapat dilakukan dengan beberapa hal berikut, seperti dikutip dari laman Very Well Family:

5 Tips Merawat Payudara Ibu Menyusui, agar Si Kecil Bebas Sakit5 tips merawat payudara ibu menyusui/ Foto: iStock

1.Cuci tangan sebelum menyentuh payudara

Jagalah payudara dan puting tetap bersih dengan mencucinya setiap hari dengan air hangat saat mandi atau berendam. Hindari penggunaan sabun pada payudara karena dapat menyebabkan kulit kering, pecah-pecah dan teriritasi.

2. Kenakan bra yang mendukung dengan baik

Pilihlah bra menyusui atau bra biasa yang pas, tetapi tidak terlalu ketat. Katun adalah pilihan kain yang sangat baik karena memungkinkan kulit tetap bernapas.

3. Pastikan bayi Bunda menempel dengan benar

Biarkan bayi Bunda menyusu dengan baik sejak menyusui pertama kalinya, dan lakukan setidaknya setiap 2-3 jam sekali untuk membantu mencegah perkembangan masalah payudara yang menyakitkan. Seperti puting yang sakit, saluran susu yang tersumbat, dan lainnya.

4. Gantilah breast pad sesering mungkin

Jika Bunda menggunakan breast pad untuk membantu menyerap ASI dari payudara yang bocor, pastikan untuk menggantinya saat sudah basah. Bantalan menyusui yang bersih dan kering dapat membantu mencegah puting yang sakit, sariawan, atau mastitis.


5. Lembabkan puting dengan ASI

Sesegera mungkin setelah Bunda menyusui, Bunda dapat mengoleskan ASI pada puting dan areola lalu biarkan mengering.

Semoga membantu, Bun!

Bunda, simak juga yuk cara aman mencegah kehamilan saat masih menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi