sign up SIGN UP search


menyusui

4 Cara Merawat Puting Payudara selama Menyusui agar Tidak Infeksi dan Lecet

Siti Masitoh   |   Haibunda Rabu, 19 Oct 2022 13:50 WIB
Ilustrasi payudara caption
Jakarta -

Selama kehamilan dan menyusui, akan terjadi banyak perubahan pada payudara. Areola mungkin akan menjadi gelap dan membesar. Hormon kehamilan yang memicu jaringan pembuat susu pada payudara juga tumbuh untuk bersiap memproduksi ASI.

Kemudian, produksi ASI akan mulai meningkat dan payudara Bunda terpenuhi dengan ASI setelah melahirkan. Dalam menyusui atau memompa memang tidak ada perawatan khusus yang perlu dilakukan, tetapi melakukan perawatan pada payudara selama menyusui sangat penting, Bunda.

Perawatan dan kebersihan pada payudara sangat penting dilakukan untuk membantu Bunda lebih merasa nyaman, serta mencegah timbulnya beberapa masalah menyusui potensial, seperti infeksi atau puting yang sakit.


Perawatan payudara saat menyusui

Sebenarnya tidak ada perawatan khusus yang dilakukan untuk payudara saat menyusui di luar kebersihan dasar, seperti selalu memantau kelembapan kulit dan memperhatikan setiap perubahan yang terjadi.

Saat payudara penuh dengan ASI, memungkinkan Bunda mengalami pembengkakan payudara, nyeri saat ditekan, kesemutan, dan keluarnya ASI. Hal tersebut normal terjadi dan bisa diatasi dengan perawatan payudara yang rajin sehingga meminimalkan jenis ketidaknyamanan dan membantu mencegah infeksi.

Melansir laman Verywellfamily, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan dalam merawat payudara selama menyusui.

1. Perhatikan kebersihan 

Sebelum menyentuh payudara, cuci tangan terlebih dahulu. Jagalah kebersihan payudara dan puting dengan rutin mencucinya setiap hari dengan air hangat dan hindari penggunaan sabun pada payudara ya Bunda.

Sebab, sabun bisa menyebabkan kulit kering, pecah-pecah, iritasi, dan menghilangkan minyak alami yang dihasilkan oleh kelenjar montgomery yang ada di area gelap sekitar puting. Minyak tersebut berfungsi membantu menjaga puting dan areola tetap bersih dan lembap.

2. Rutin ganti bantalan payudara

Bunda harus rutin mengganti bantalan payudara atau kotak kapas dalam bra untuk menyerap ASI saat payudara bocor karena kelembapan dapat memicu pertumbuhan kuman. Tetap jaga kebersihan bantalan payudara ya Bunda karena bantalan yang bersih dan kering dapat membantu mencegah puting yang sakit, sariawan atau mastitis.

Klik halaman berikutnya untuk tahu lebih lanjut mengenai perawatan puting payudara selama menyusui.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 9 cara mencegah mastitis.

[Gambas:Video Haibunda]



PERAWATAN PUTING SELAMA MENYUSUI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!