sign up SIGN UP search


menyusui

4 Rekomendasi Posisi Menyusui yang Menunjang Kecukupan ASI Si Kecil

Dwi Indah Nurcahyani Selasa, 28 Apr 2020 12:31 WIB
menyusui caption
Jakarta - Banyak ibu baru kesulitan menemukan posisi terbaik saat menyusui. Alhasil, pelekatan selama menyusui pun kurang maksimal.

Menemukan posisi yang pas saat menyusui memang bukan hal mudah ya, Bun. Tetapi, Bunda tak perlu khawatir melewatinya. Karena, menyusui merupakan proses alami sehingga nantinya posisi yang pas akan ditemukan seiring dengan kebiasaan yang Bunda dan si kecil lakukan.


Bunda hanya membutuhkan waktu, latihan, dan banyak percobaan setelah melewati beberapa kesalahan untuk menemukan posisi menyusui terbaik yang menurut Bunda nyaman. 


"Satu-satunya posisi menyusui yang paling cocok ialah posisi yang nyaman untuk Bunda dan juga si kecil. Jadi, jangan ragu mencoba satu atau semua posisi menyusui yang ada," ujar Natasha K.Sriraman, MD, profesor pediatri di Virginia, seperti dikutip dari laman The Bump.

Melansir Ardomedical, ada beberapa referensi posisi menyusui yang bisa Bunda coba. Tentu saja, dengan trial error, nantinya Bunda akan menemukan posisi yang pas untuk menyusui buah hati. Berikut ini diantaranya, Bun:

4 Rekomendasi Posisi Menyusui yang Menunjang Kecukupan ASI Si Kecil


1. Posisi menyusui berbaring

Bunda dan bayi dapat berbaring berdekatan sehingga perut satu sama lain bersentuhan. Posisi ini sangat baik khususnya di malam hari atau jika Bunda sedang beristirahat sambil makan di siang hari.

2. Posisi perut bertemu perut

Bunda dapat duduk atau berbaring setengah tegak, dengan tubuh bagian atas ditopang bantal. Sementara bayi dapat berbaring tengkurap di payudara.

3. Posisi menyusui sambil duduk

Punggung bayi dalam hal ini dapat bersandar pada lengan Bunda sementara tangan Bunda menopang kepalanya dan kakinya terentang ke belakang.


4. Posisi klasik berbaring miring

Bayi dalam hal ini dapat berbaring miring dengan disangga oleh lengan Bunda sehingga seluruh tubuhnya menghadap ke arah Bunda dan tangan Bunda menyangga pantatnya.

Nah, itulah beberapa posisi menyusui yang bisa Bunda coba ya. Semangat mengASIhi, Bun!

Simak juga tips memperbanyak ASI saat sedang menstruasi:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi