sign up SIGN UP search


menyusui

Bahaya Mendiamkan Rembesan ASI di Baju Bunda Bagi Kesehatan Si Kecil

Dwi Indah Nurcahyani Rabu, 29 Apr 2020 11:30 WIB
Happy woman giving breast milk to her newborn baby while sitting in living room stock photo caption
Jakarta - Masa menyusui di awal kelahiran bayi memberikan pengalaman baru bagi Bunda. Termasuk di antaranya mengalami kebocoran ASI yang membuat Bunda sedikit panik.

ASI merembes sangatlah wajar, mengingat produksi air susu melimpah sedangkan si kecil masih belum banyak mengisapnya. Bunda pun belum dapat beradaptasi dengan situasi tersebut, tidak perlu panik.


Kebocoran ASI merupakan situasi yang normal terjadi selama proses menyusui, Bun. Biasanya, hal ini dikarenakan refleks letdown yaitu ketika produksi ASI meningkat tajam dan menjadi bagian normal dari proses menyusui, seperti dikutip dari laman Whattoexpect.


Namun, yang perlu Bunda ketahui yakni bahwa payudara yang bocor biasanya dipicu fisik dan emosional. Itulah sebabnya mungkin Bunda akan mendapati baju tiba-tiba basah meskipun bayi Bunda tidak sedang menyusu.

Tangisan bayi atau bahkan pandangan sekilas ke foto bayi juga dapat memicu ASI muncrat tiba-tiba, Bun. Dan, tidak ada yang tahu kapan atau dimana tiba-tiba ASI Bunda akan bocor.

Bahaya Mendiamkan Rembesan ASI di Baju Bunda Bagi Kesehatan Si KecilBahaya membiarkan ASI yang merembes di baju/ Foto: iStock

"ASI yang bocor merupakan kejadian alami, hasil dari proses alami tubuh. Kondisi ini hadir sebagai hasil dari dua proses dalam tubuh. Proses pertama adalah hormon yang melibatkan hormon prolaktin dan yang kedua melibatkan impuls yang disebut refleks letdown - perasaan kesemutan yang menghasilkan aliran ASI," ujar Dr Suzan Atuhairwe, seorang dokter kandungan di Mulago Hospital, dikutip dari laman Newvision.

Meski sesungguhnya hal ini bersifat normal, ibu menyusui tetap harus mengantisipasinya. Sebab, jika tidak dirawat dengan baik, kebocoran ASI tidak hanya memalukan bagi Bunda yang menyusui tetapi juga dapat membahayakan kesehatan orangtua dan buah hati, Bun.

"Jika tidak terlindungi dengan baik, ASI dapat tumpah ke dalam bra dan pakaian Bunda dimana berisiko memunculkan bakteri berbahaya dan menyebabkan infeksi pada Bunda dan buah hati," tambahnya.


Bunda sebaiknya mengantisipasinya dengan menggunakan breast pad setiap hari. Selain itu, usahakan selalu membersihkan puting sebelum menyusui. Termasuk diantaranya membasuh puting saat mandi dengan air mengalir dan membiasakan untuk mencuci tangan sebelum menyusui.

Semoga membantu, Bun!

Selain breast pad, simak juga yuk 9 keperluan ibu menyusui dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]



(rap/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi