sign up SIGN UP search


menyusui

Bunda Sakit Saat Menyusui? 5 Hal Ini Penting untuk Diketahui

Asri Ediyati Selasa, 05 May 2020 13:37 WIB
Bunda Sakit Saat Menyusui? 5 Hal Ini Penting untuk Diketahui caption
Jakarta - Tidak mudah rasanya mengalami sakit ketika kita menjadi seorang ibu. Terlebih, jika kita sedang menyusui. Soal ini, dilansir What to Expect, satu hal yang Bunda harus hilangkan adalah kekhawatiran.

Apakah aman untuk menyusui ketika sedang sakit? Ya, aman dan bahkan bermanfaat untuk terus menyusui ketika Bunda terserang flu. Inilah lima hal yang harus Bunda ketahui tentang menyusui saat sakit.


1. Sakit tidak mengubah kandungan ASI


ASI masih merupakan sumber makanan tersehat untuk bayi sementara juga memberi bayi antibodi dan faktor imunologis lainnya yang akan membantu menjaga bayi dari sakit. Namun, jika Bunda terlalu sakit untuk menyusui, tenang, ASI yang diproduksi memiliki manfaat yang sama. Cukup pilih pengasuh yang sehat untuk memberi ASI perah kepada bayi.

2. Menyusui bisa memberi manfaat

"Ketika ibu menyusui sedang sakit, dia memberikan antibodi kepada bayinya yang membantu melindunginya dari penyakit," kata Kelly A. Hightower, R.N., penasihat laktasi bersertifikat dan pemilik Bright Birth in Decatur, GA.

"Menyusui membantu melindungi bayi Anda tidak hanya dari kuman Anda, tetapi juga dari orang lain. Dan jika bayi Anda sakit, ia kemungkinan akan pulih lebih cepat daripada jika ia tidak disusui," ujarnya dikutip dari Parents, (4/5/2020).

3. Kondisi ini jadi pengecualian

Ada beberapa pengecualian pada aturan menyusui eksklusif. Menurut Centers for Disease Control, menyusui tidak disarankan jika ibu memiliki HIV, TBC, atau virus limfotropik sel-T manusia tipe I atau II, sedang menjalani kemoterapi atau sedang menjalani pengobatan radiasi untuk kanker.
ibu menyusuiibu menyusui/ Foto: iStock


4. Minum banyak air putih

Jangan lupa untuk tetap terhidrasi selama sakit dan menyusui. Minum banyak air saat Bunda sedang tidak merasa enak badan itu amat baik dilakukan. Ini akan membantu menjaga suplai ASI Bunda berjalan.

5. Pikirkan kembali posisi menyusui

Jika Bunda yang sakit, berbaringlah miring dan istirahatlah saat bayi menyusu. Jika hidung bayi tersumbat, posisikan agar ia tegak saat menyusui untuk membantunya bernapas sambil mengisap.


Simak juga tips memperbanyak ASI saat menyusui:

[Gambas:Video Haibunda]



(aci/som)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi