sign up SIGN UP search


menyusui

Amankah Ibu Menyusui Menggunakan Bra Berkawat?

Annisa Karnesyia Rabu, 20 May 2020 09:15 WIB
Ibu menyusui caption
Jakarta -

Ibu menyusui, biasanya disarankan untuk tidak memakai bra underwired atau berkawat. Bra jenis ini dapat menyebabkan saluran susu tersumbat, mengakibatkan berkurangnya aliran ASI.

Namun, beberapa bra menyusui punya kawat yang rendah yang fleksibel. Bra ini diklaim dapat menyesuaikan bentuk payudara ibu menyusui dan tidak menyebabkan penyumbatan.

"Merupakan pilihan ibu untuk memilih bra biasa, bra menyusui atau tidak memakai bra. Namun, bra menyusui haruslah nyaman," kata dokter bedah gigi Dr.Ritika Shah, dikutip dari Mom Junction, Selasa (19/5/2020)


Payudara mulai berubah sejak trimester pertama kehamilan. Payudara tumbuh sepanjang kehamilan dan setelah melahirkan.

"Selama menyusui, payudara cukup lunak dan juga sakit pada waktu-waktu tertentu," ujar Shah.

Kain bra mungkin tidak cukup untuk memberikan kenyamanan dan dukungan selama menyusui. Selain itu, bra biasanya kurang fleksibel dan mungkin memiliki kawat yang kaku.

Ibu menyusuiAmankah Ibu Menyusui Menggunakan Bra Berkawat?/ Foto: iStock

Sebagian besar cup bra menyusui memiliki beberapa lapis kain untuk menyerap kebocoran ASI. Bra khusus menyusui ini juga memberikan dukungan yang optimal, Bunda.

Melansir dari Australian Breastfeeding Association, bra berkawat memang tidak disarankan untuk ibu menyusui. Cairan yang tertahan di akhir kehamilan dapat menyebabkan payudara membengkak.

Meskipun hanya sedikit perubahan ukuran yang terjadi, bra kawat yang kaku dapat memberikan tekanan pada payudara saat terasa penuh. Tekanan semacam itu dapat meningkatkan risiko mastitis.

Bunda dapat menggunakan bra khusus yang dirancang untuk ibu hamil dan digunakan saat menyusui. Saat memilih bra, ingatlah untuk membuka dan menutup cup bra. Sebagian besar bra mudah digunakan untuk menyusui.

Lalu bagaimana jika harus menyusui di tempat tidur? Haruskah menggunakan bra?

Keputusan ini sepenuhnya tergantung dari Bunda ya. Beberapa wanita merasa membutuhkan bra sebagai penahan seperti bantalan menyusui di tempat tidur. Namun, yang lain justru merasa tak nyaman menggunakannya sambil menyusui. Bila ingin menggunakan bra saat menyusui tidur, bisa kenakan bra khusus yang lembut dengan ukuran yang tepat.

Bunda, simak juga tips memperbanyak ASI saat menstruasi, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

(ank/rap)
Share yuk, Bun!

Rekomendasi