sign up SIGN UP search

menyusui

Bolehkah Ibu Menyusui Memakai Bra saat Tidur di Malam Hari?

Dwi Indah Nurcahyani   |   Haibunda Senin, 10 Oct 2022 16:08 WIB
asian woman mother and baby infant sleeping on bed. infant can sleeping at night with no problem. concept of exhausted mother syndrome. . caption
Jakarta -

Bolehkah ibu menyusui tetap memakai bra saat tidur mungkin jadi pertanyaan umum para busui. Apalagi, payudara saat menyusui tampak membesar daripada biasanya sehingga memakai bra membantu kenyamanan payudara. Tetapi, perlukah dipakai juga saat tidur ya, Bunda?

Menyusui merupakan fase penting setelah melahirkan. Hal ini tidak saja membawa dampak pada perubahan fisik dan emosi Bunda, tetapi juga pada perubahan ukuran dan tekstur payudara wanita. Perubahan ini pun sering mengakibatkan perubahan ukuran bra karena payudara yang membesar karena memproduksi ASI.

Saat beraktivitas di pagi hingga sore hari, tubuh Bunda mungkin merasa lebih nyaman ditopang dengan bra selama menyusui. Hal ini sah-sah saja karena memang payudara membutuhkan topangan yang kuat mengingat ukurannya yang membesar.


Hanya saja, sering kali banyak ibu menyusui yang melepasnya ketika sedang tidur. Kira-kira, ini aman-aman saja atau perlukah memakai bra saat tidur di masa menyusui ya, Bunda?

Bolehkah ibu menyusui tetap memakai bra saat tidur?

Tidur dengan bra sebenarnya merupakan pilihan setiap Bunda. Ada beberapa faktor yang mungkin dapat membantu Bunda untuk memutuskan masalah tersebut. Seperti diketahui, pada bulan-bulan awal setelah melahirkan, payudara terasa sangat nyeri. Apalagi, tubuh masih menyesuaikan diri dengan ASI. Mungkin, ide yang lebih baik memakai bra di malam hari agar payudara mendapatkan dukungan yang lebih baik.

"Wanita dengan payudara yang lebih berat dan lebih penuh mungkin juga lebih suka memakai bra di malam hari untuk dukungan ekstra," ujar Dr Ritika Shah, BDS, seperti dikutip dari laman Mom Junction.

Jika payudara Bunda kerap bocor karena ASI, memang disarankan untuk memakai bra menyusui saat tidur karena dapat membantu menyerap ASI yang bocor meski sedang tertidur. Atau, Bunda dapat menyiapkan handuk kecil di samping Bunda jika tidak ingin memakai bra sehingga Bunda dapat menyeka ASI yang bocor saat tidur.

Klik di halaman selanjutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tips aman menyusui sambil tiduran dengan bayi.

[Gambas:Video Haibunda]



MANFAAT IBU MENYUSUI PAKAI BRA SAAT TIDUR DI MALAM HARI
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
Share yuk, Bun!
BERSAMA DOKTER & AHLI
Bundapedia
Ensiklopedia A-Z istilah kesehatan terkait Bunda dan Si Kecil
Artikel Terkait
Rekomendasi
Ayo sharing bersama HaiBunda Squad dan ikuti Live Chat langsung bersama pakar, Bun! Gabung sekarang di Aplikasi HaiBunda!
ARTIKEL TERBARU
  • Video
detiknetwork

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Pantau terus tumbuh kembang Si Kecil setiap bulannya hanya di Aplikasi HaiBunda!